<p>Aplikasi PLN Charge.IN / Dok. PLN</p>
Industri

Cari Tahu Estimasi Tagihan Listrik Lewat Aplikasi New PLN Mobile

  • JAKARTA – Masyarakat kini dapat mengestimasi tagihan listrik bulanan melalui fitur Swadaya Catat Angka Meter (SwaCAM) di aplikasi New PLN Mobile. Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN Bob Saril mengatakan, fitur tersebut dihadirkan untuk memberikan transparansi pemakaian listrik bagi pelanggan. “Bahkan, pelanggan juga bisa mengetahui estimasi tagihan listrik pada […]

Industri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Masyarakat kini dapat mengestimasi tagihan listrik bulanan melalui fitur Swadaya Catat Angka Meter (SwaCAM) di aplikasi New PLN Mobile.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN Bob Saril mengatakan, fitur tersebut dihadirkan untuk memberikan transparansi pemakaian listrik bagi pelanggan.

“Bahkan, pelanggan juga bisa mengetahui estimasi tagihan listrik pada bulan berikutnya,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip TrenAsia.com, Selasa, 27 April 2021.

Menurutnya, fasilitas ini bertujuan untuk meminimalisasi potensi kesalahan baca meter, khususnya bagi kondisi atau lokasi meter pelanggan yang sulit dibaca oleh petugas.

Tak hanya New PLN Mobile, lanjut Bob, pihaknya juga menyediakan layanan Baca Meter Mandiri melalui WhatsApp di nomor 08122123123. Dengan demikian, pelanggan bisa melakukan pelaporan mandiri pada tanggal 24-27 setiap bulan.

Apabila pelanggan belum melaporkan secara mandiri melalui SwaCAM atau Whatsapp, maka sebagai alternatif PLN akan menggunakan rata-rata tiga bulan pemakaian sebagai dasar perhitungan rekening listrik.

Opsi ini dilakukan guna mengantisipasi lonjakan tagihan ketika petugas PLN sudah bisa membaca stand meter di lokasi pelanggan.

Sebagai informasi, aplikasi PLN Mobile dapat diunduh di Play Store maupun Appstore iOS.

Beberapa fitur di dalamnya, meliputi pembayaran tagihan, pembelian token listrik, mengubah daya, pemantauan catatan meteran listrik, informasi proses penyelesaian gangguan, serta layanan pengaduan.

Selain itu pelanggan juga akan mendapat notifikasi jika ada tagihan atau pemadaman dan pemeliharaan listrik.

Adapun metode pembayaran dapat dilakukan melalui virtual account Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA. Bisa juga melalui platform fintech LinkAja, OVO, Gopay. (RCS)