<p>Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Ismail Pohan/TrenAsiaIsmail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Catat! Lulusan dari 5 Jurusan Kuliah Ini Paling Cepat Dapat Kerja

  • Inilah 5 jurusan kuliah yang paling banyak dicari di dunia dan mudah cari kerja.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Memilih jurusan kuliah mungkin tidak sesederhana seperti yang dipikirkan banyak orang. Hal ini karena jurusan kuliah dan kampus yang tepat turut membantu seseorang meraih profesi atau pekerjaan yang diimpikan.

Meski faktor passion atau minat dan kondisi ekonomi juga perlu dipertimbangkan, Anda juga perlu mengetahui jurusan kuliah yang paling banyak dicari dunia kerja agar memudahkan Anda mendapatkan pekerjaan segera setelah lulus kuliah.

Berikut 5 jurusan kuliah yang paling banyak dicari seperti yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1. Ilmu Komputer

Jurusan ilmu komputer tidak hanya akan menyediakan berbagai pelajaran tentang komputer seperti perangkat keras dan perangkat lunak, tapi Anda juga akan belajar mengenai bagaimana aplikasi dari pengetahuan tersebut dan apakah cocok dengan strategi bisnis. Selain itu, jurusan ini juga mempelajari berbagai bidang seperti bahasa pemrograman, robotika, analisis numeri, dan teknologi game. Saat ini lulusan ilmu komputer juga bisa mengejar karier di berbagai bidang seperti teknologi informasi (TI) dan pengembangan perangkat lunak.

2. Teknologi Informasi

Teknologi informasi merupakan jurusan yang memiliki permintaan yang tinggi dan cukup menguntungkan. Tidak mengherankan jika jurusan ini menjadi salah satu jurusan di perguruan tinggi yang paling populer. Mahasiswa di jurusan ini dapat mengambil mata kuliah desain web, jaringan, keamanan informasi, dan masih banyak lagi. Dengan gelar sarjana dari teknologi informasi, Anda dapat mengejar karier dengan pendapatan yang cukup fantastis, seperti data scientist, data engineer, dan sebagainya.

3. Akuntansi

Jurusan Akuntansi dan profesi sebagai akuntan merupakan salah satu pekerjaan yang selalu diminati. Gelar sarjana dari bidang Akuntansi akan membawa Anda memasuki berbagai peluang karier di bidang akuntansi serta terbuka di bidang lain seperti menjadi analis keuangan, penasihat keuangan pribadi, dan sebagainya.

4. Ilmu Komunikasi

Lulusan dari jurusan komunikasi cenderung banyak diminati karena saat kuliah telah dibekali berbagai ilmu tenang pesan atau teks verbal dan nonverbal, reaksi audiens, dan sebagainya. Selain bisa memasuki karier di bidang bisnis dan periklanan, lulusan ilmu komunikasi juga bisa memasuki karier di bidang sumber daya manusia, hubungan masyarakat, media, layanan sosial, pemerintah, dan masih banyak lagi.

5. Administrasi Bisnis

Lulusan dari jurusan administrasi bisnis memiliki peluang karier yang cukup luas. Bahkan, saat ini juga banyak lowongan kerja yang membutuhkan lulusan administrasi bisnis sehingga lulusan dari jurusan tersebut selalu laris dicari.

Itu tadi beberapa jurusan yang lulusannya paling banyak dicari.