Kementerian PUPR bangun pengaman di tiga Pantai Bengkulu
Infrastruktur

Cegah Abrasi, Kementerian PUPR Bangun Pengaman di Tiga Pantai Bengkulu

  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun pengaman pada tiga pantai di Provinsi Bengkulu.

Infrastruktur

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun pengaman pada tiga wilayah pantai di Provinsi Bengkulu. 

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII Bengkulu Kementerian PUPR Adi Umar Dani mengatakan pembangunan pengaman pada tiga pantai di Provinsi Bengkulu bertujuan untuk melindungi dari resiko abrasi dan erosi yang diakibatkan ombak. Hal itu sekaligus cara merawat kawasan permukiman dan melestarikn vegetasi di sekitar pantai.

“Pembangunan pengaman pantai ini juga bertujuan untuk melindungi Jalan Lintas Barat Sumatera dari abrasi pantai yang saat ini di beberapa titik kondisinya sudah menyebabkan longsor di bahu jalan," kata Adi di Bengkulu Utara dalam keterangan resmi Kementerian PUPR dikutip TrenAsia.com Kamis, 20 Juli 2023.  

Adapun pantai yang dibangun pengaman anti abrasi dan erosi antara lain Pantai Lais, Pantai Hili, Pantai Merpas, dan Pantai Kaana Pulau Enggano di Provinsi Bengkulu. 

Adi menjelaskan bahwa pembangunan pengaman pantai di Provinsi Bengkulu pada tahun 2023 dibagi menjadi tiga paket pekerjaan, yakni paket Pembangunan Pengaman Pantai Kritis untuk Pantai Lais Kabupaten Bengkulu Utara sepanjang 400 meter, Pantai Hili dan Pantai Merpas di Kabupaten Kaur sepanjang 550 meter dan Pantai Kaana di Pulau Enggano sepanjang 100 meter. 

Progres Pantai Lais 

Kontrak pembangunan pengaman untuk Pantai Lais Kabupaten Bengkulu Utara sepanjang 400 meter ini dikerjakan sejak Mei 2023 oleh PT Naga Sakti Konstruksi. Adapun nilai kontraknya bernilai Rp20,3 miliar yang ditargetkan rampung Desember 2023 mendatang. 

Adi menjelaskan saat ini progres pembangunan pengaman pantai tersebut tengah dilakukan pencetakan kubus beton pemecah ombak dengan jumlah sekitar 14 ribu balok.

"Rencananya pada Agustus 2023 sudah mulai dilakukan pemasangan di sepanjang bibir pantai dengan jarak dari jalan nasional bervariasi sekitar 5-10 meter tergantung tingkat kecuraman tebing dan kondisi erosi," jelas Adi.

Progres Pantai Hili dan Pantai Merpas

Pembagunan pengaman sepanjang 550 meter untuk Pantai Hili dan Pantai Merpas di Kabupaten Kaur dikerjakan kontraktor PT Dua Satu Kontruksi Bengkulu. Adapun kontrak kontruksinya telah dimulai Mei 2023 dengan nilai Rp19,2 miliar. 

"Pembangunan Pengaman Pantai Kritis di Kabupaten Kaur ini juga berfungsi untuk mengamankan Jalan Lintas Barat Sumatera dari ancaman abrasi pantai dan erosi," kata Adi.

Progres Pantai Kaana di Pulau Enggano

Lalu untuk pembagunan pengaman Pantai Kaana di Pulau Enggano sepanjang 100 meter ini dikerjakan oleh CV Villa Salasar. Adapun kontrak kontruksinya dimulai sejak Maret 2023 dengan nilai Rp12,4 miliar.