<p>Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Ismail Pohan/TrenAsiaIsmail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Cegah Bokek, Ikuti 5 Cara Mengatur Keuangan Saat Masih Magang

  • Inilah beberapa cara mengontrol keuangan saat Anda magang atau internship. Selamat mencoba!
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Magang atau internship adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu bagi para mahasiswa. Hal ini karena magang menawarkan kesempatan untuk terjun langsung ke dunia kerja sehingga para mahasiswa bisa mempraktikkan ilmunya yang diperoleh di dunia perkuliahan.

Tidak hanya itu, dengan mengikuti magang atau internship, mahasiswa juga bisa mendapatkan keterampilan, pengalaman, kerja, bahkan uang saku atau fee di tempat magang tersebut. Meski begitu, seperti halnya mahasiswa pada umumnya, anak magang tentu juga mengalami masalah keuangan. 

Jika Anda juga mengalami hal tersebut, simak cara mengatur keuangan yang cocok untuk anak magang berikut ini.

Cara Mengelola Keuangan untuk Anak Magang

Cara Mengelola Keuangan untuk Anak Magang

Ketika magang, Anda dituntut untuk mampu bekerja sekaligus mengelola keuangan. Hal ini harus dilakukan agar Anda tidak bokek atau kehabisan uang untuk bertahan hidup. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Buat Anggaran

Meski terkesan sepele, anggaran ternyata penting untuk membantu mengelola keuangan. Mulailah membuat anggaran bulanan yang mencakup semua pendapatan dan pengeluaran Anda. 

Selain itu, Anda juga perlu menulis semua sumber pendapatan yang Anda miliki, seperti gaji magang atau bantuan keuangan lainnya. Kemudian, catat semua pengeluaran rutin dan perkiraan pengeluaran yang mungkin Anda hadapi, seperti transportasi, makanan, dan kebutuhan pribadi.

2. Tetapkan Prioritas Pengeluaran

Tentukan prioritas pengeluaran Anda agar mampu mengelola uang dengan bijaksana. Berikan prioritas pada kebutuhan esensial dan mendesak seperti makanan, transportasi, dan tempat tinggal. Anda juga perlu menghindari pengeluaran yang tidak perlu atau mewah yang bisa menguras tabungan Anda, seperti menonton film, membeli baju baru, dan sebagainya.

3. Cari Transportasi yang Terjangkau

Cari transportasi atau kendaraan yang terjangkau untuk mengantar Anda ke tempat magang, seperti menggunakan transportasi umum atau berbagi kendaraan dengan rekan kerja jika memungkinkan. Jika jarak antara tempat tinggal atau kost dengan tempat magang cukup dekat, Anda juga dapat mempertimbangkan berjalan kaki atau menggunakan sepeda.

4. Kontrol Biaya Makan

Anda bisa mengontrol pengeluaran dalam biaya makan ini dengan membawa bekal dari rumah jika memungkinkan. Hal ini akan membantu Anda untuk menghemat uang yang biasanya dikeluarkan untuk makan siang di luar. 

Jika tidak, pertimbangkan untuk memilih makanan yang lebih terjangkau dan sehat, seperti memasak sendiri atau mencari tempat makan yang menyediakan harga terjangkau untuk pekerja magang.

5. Tetapkan Batas Pengeluaran Pribadi

Selain mengontrol soal keperluan sehari-hari, Anda juga perlu untuk membatasi pengeluaran pribadi Anda dengan membuat anggaran untuk setiap pengeluaran, termasuk soal hiburan, belanja, atau kegiatan sosial lainnya. Sebisa mungkin, hindari godaan untuk menghabiskan uang secara impulsif dan berbelanja berlebihan.

Itu tadi beberapa cara mengontrol keuangan saat Anda magang atau internship. Selamat mencoba!