<p>Hati-hati, kunjungi bar dan restoran bisa tingkatkan risiko terkena dan menyebarkan COVID-19/freepik.com</p>
Gaya Hidup

Cegah Boros! Ini Cara Menghentikan Kebiasaan Jajan di Luar

  • Inilah beberapa cara menghentikan kebiasaan jajan di luar agar Anda tidak boros.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Kebiasaan makan atau jajan di luar adalah salah satu kebiasaan yang dimiliki banyak orang dan cenderung sulit untuk dihindari. Hal ini karena ada berbagai jenis kuliner di luar rumah serta tidak perlu memasak sehingga membuat sebagian besar orang memilih untuk jajan di luar.

Meski begitu ternyata jika dilakukan secara terus menerus, kebiasaan tersebut dapat berpengaruh pada pengeluaran Anda. Oleh karena itu, jika tidak urgent atau sangat diperlukan, ada baiknya jika Anda mulai menghentikan kebiasaan jajan di luar dengan menerapkan kebiasaan berikut ini.

Cara Menghentikan Kebiasaan Jajan di Luar Agar Tidak Boros

Cara Menghentikan Kebiasaan Jajan di Luar Agar Tidak Boros

1. Buat perubahan kecil

Seperti halnya perubahan gaya hidup apapun, kunci kesuksesannya adalah dengan mulai mengambil langkah kecil dan konsisten. Mulailah dengan mengurangi makan siang di restoran favorit Anda dan tidak lagi membeli kopi saat perjalanan ke tempat kerja mulai sekarang. Alternatifnya, Anda bisa mulai mengemas makan siang selama empat dari lima hari kerja. Setiap minggu berikutnya, lakukan lebih dari minggu sebelumnya. 

2. Rencanakan menu makan

Cara Menghentikan Kebiasaan Jajan di Luar Agar Tidak Boros: Rencanakan Menu Makan

Merencanakan makanan untuk setiap minggu adalah cara nomor satu untuk mulai menghemat uang untuk membeli makanan. Dengan rencana makan harian yang solid, Anda tidak akan bingung memikirkan apa yang harus Anda makan, dan Anda tidak akan terlalu tergoda untuk makan di luar.

3. Pertahankan anggaran

Jika Anda ingin berhenti menghabiskan uang untuk membeli makan di luar, cobalah untuk menganggarkan pengeluaran makanan. Anggaran adalah alat yang mampu membantu untuk membelanjakan uang dengan lebih bijak.

Dalam anggaran Anda, Anda dapat menentukan berapa banyak uang yang dibelanjakan untuk setiap jenis perbelanjaan, termasuk berapa banyak anggaran yang Anda sediakan untuk jajan di luar.

4. Libatkan keluarga

Cara Menghentikan Kebiasaan Jajan di Luar Agar Tidak Boros: Libatkan Keluarga

Keluarga sering mengalami masalah dengan membeli makan terlalu banyak. Hal itu bisa disebabkan karena berbagai faktor mulai dari jadwal yang sibuk, ada yang picky eater, atau bahkan kelelahan untuk menyiapkan makanan di rumah.

Anda bisa menyiasatinya dengan melibatkan keluarga saat membuat perencanaan menu makanan. Anda sekeluarga tidak hanya dapat mengurangi frekuensi makan di luar tapi juga sekaligus bisa berkumpul dan berkomunikasi dengan nyaman dengan keluarga Anda.

Itu tadi beberapa cara menghentikan kebiasaan jajan di luar agar Anda tidak boros. Anda perlu mengingat bahwa untuk bisa sukses mengurangi jajan di luar, Anda hanya perlu menerapkan kebiasaan di atas sedikit demi sedikit. Selamat mencoba!