Photo by Krivec Ales: https://www.pexels.com/photo/gray-analog-clock-displaying-at-10-36-552774/
Gaya Hidup

Cegah Prokrastinasi Dengan 5 Minutes Rule!

  • Ternyata, tubuh dan pikiran kita cenderung menghindari suatu hal yang sulit atau tidak menyenangkan.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Apakah Anda sering merasa tugas yang akan Anda kerjakan terlalu sulit, terlalu banyak, dan membayangkannya saja sudah membuat Anda pusing? 

Akhirnya Anda menunggu moment yang tepat untuk mengerjakannya, tak mustahil Anda juga membuat distraksi-distraksi sendiri seperti scroll instagram, mengecek apa yang sedang viral di tiktok, hingga mencoba mengumpulkan niat 10 menit, 30 menit, 1 jam. 

Semua ini berujung pada tindakan Anda menunda pekerjaan hingga Anda sama sekali tidak memulai pekerjaan tersebut. Mengapa semua ini bisa terjadi ?

Ternyata, tubuh dan pikiran kita cenderung menghindari suatu hal yang sulit atau tidak menyenangkan. Tanpa motivasi atau ketertarikan untuk menyelesaikan sesuatu, ketakutan kita akan kegagalan, kritik, stres, dan negativitas lainnya membuat kita enggan melakukan suatu aktivitas.

Tapi tahukah Anda bahwa ada teknik bernama 5 minutes rule yang dapat Anda gunakan untuk menghempaskan habit prokrastinasi, meningkatkan fokus dan menyelesaikan tugas tepat waktu. 

Bahkan Elon Musk, CEO terkenal yang memiliki 2 perusahaan besar SpaceX dan Tesla juga menggunakan teknik ini sebagai manajemen waktu di tengah kesibukannya bekerja.

Lalu bagaimana cara menerapkan 5 minutes rule ? Memulai untuk mengerjakan tugas memang hal yang sulit, sebagian besar diri kita selalu menunggu momen yang tepat untuk mengerjakan sesuatu. Namun sederhana saja dengan 5 minutes rule Anda hanya perlu memaksa diri Anda untuk fokus dan mengerjakan tugas selama 5 menit. 

Paksa diri Anda untuk duduk di depan komputer Anda, paksa diri Anda untuk mulai mengerjakan tugas Anda dan tetaplah fokus selama lima menit kedepan. Ketika waktu 5 menit telah selesai cobalah Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri, apakah ingin melanjutkan mengerjakan tugas atau berhenti? Dapat dipastikan Anda akan tetap mengerjakan tugas Anda.

Mengapa ini bisa terjadi ? Saat mengerjakan tugas selama 5 menit, kita akhirnya telah membangun momen yang pas untuk bekerja dan ketika 5 menit telah berjalan kita tidak ingin kehilangan momen itu sehingga kita akan tetap bekerja untuk menyelesaikan pekerjaan kita. 

Kitapun mulai menyadari bahwa ketika sudah mulai dikerjakan, nyatanya tugas-tugas pekerjaan itu tidak begitu sulit. Pikiran-pikiran negatif yang tadinya munculpun tidak benar adanya.

Nah itu tadi penjelasan mengenai 5 minutes rules. Semoga bermanfaat.