Meski Punya Banyak Keunggulan, Ini Beberapa Pertimbangan Sebelum Mantap Beli iPhone 15 Pro
Tekno

Cegah Rabun Jauh dan Kelelahan Mata, Coba Fitur Canggih iOS 17 Ini di iPhone Anda

  • Simak kegunaan fitur Screen Distance di iPhone iOS 17 yang diklaim mampu mencegah ketegangan mata atau risiko rabun jauh.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Di era digital seperti saat ini, tampaknya kita sangat bergantung pada smartphone, baik itu generasi tua atau generasi muda. Dapat dikatakan, kita begitu kecanduan untuk melihat smartphone sehingga kita menderita ketegangan mata di penghujung hari.

Banyak juga pengguna smartphone yang belum memahami bahwa masalah ketegangan mata ini bisa menjadi masalah yang serius, apalagi bagi anak-anak. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, Apple melalui iOS 17 akhirnya meluncurkan fitur yang mendukung kesehatan untuk memperingatkan pengguna untuk menjaga jarak layar.

Fitur Screen Distance di iOS 17 untuk Cegah Ketegangan Mata

Fitur canggih di iOS untuk cegah ketegangan mata

Fitur Screen Distance di iOS 17 adalah suatu fitur yang diklaim mampu membantu mengurangi terjadinya kelelahan atau ketegangan mata dan munculnya risiko rabun jauh pada anak di bawah usia 13 tahun. Menurut laporan Apple, fitur Screen Distance dengan bantuan kamera TrueDepth dapat mendeteksi saat Anda memegang iPhone lebih dekat daripada biasanya.

Fitur Screen Distance di iOS 17 ini memberikan aturan jarak 12 inci atau sekitar 30 cm dalam jangka waktu yang lama. Fitur tersebut kemudian akan memberitahu pengguna untuk memindahkan iPhone mereka lebih jauh.

Hal ini akan mendorong pengguna untuk menonton layar iPhone dalam jarak yang tidak berbahaya untuk menghindari risiko serius seperti rabun jauh atau rabun jauh.

Cara Mengaktifkan Screen Distance iOS 17 di iPhone

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan fitur Screen Distance iOS 17 di iPhone.

  1. Pertama, buka aplikasi Settings atau pengaturan di iPhone.
  2. Selanjutnya, buka tab Screen Time dan ketuk opsi Screen Distance.
  3. Selanjutnya, tekan Continue untuk mengaktifkan fungsinya.

Fitur Screen Distance ini berfungsi di iOS 17, iPadOS 17, watchOS 10, dan macOS Sonoma. Meski begitu, untuk mengaktifkan fitur ini, ANda harus masuk dengan Apple ID yang sama di setiap perangkat Apple.

Itu tadi cara menggunakan fitur Screen Distance di iOS 17 yang diklaim dapat mencegah masalah ketegangan mata atau risiko rabun jauh.