<p>Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau kondisi Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa, 26 Mei 2020. / Dok. Sekertariat Kabinet</p>
Nasional & Dunia

Cek Fakta: Jokowi Minta Semua Gubernur Tiru Kerja Keras Anies Baswedan

  • Dari penelusuran Tim Anti Hoax JACX Antara, menemukan fakta konten “Resesi di Depan Mata, Jokowi Minta Semua Gubernur Tiru Kerja Keras Anies Selamatkan Ekonomi” yang dipublikasikan TindoNews pada Kamis, 10 September 2020, pernah dimuat oleh situs daring bislaw.id pada Senin, 7 September 2020 dengan judul dan isi yang sama.

Nasional & Dunia
Sukirno

Sukirno

Author

JAKARTA – Konten tulisan berjudul “Resesi di Depan Mata, Jokowi Minta Semua Gubernur Tiru Kerja Keras Anies Selamatkan Ekonomi” yang disiarkan situs TindoNews menjadi pembahasan warganet.

Pengguna media sosial Facebook Surya Mandava, turut mengunggah artikel tersebut pada lini masa. Sebagian dari unggahan itu disertai narasi sebagai berikut.

“Tp Cebong” bilang Anies ga bisa kerja?
Gmn ini bong, junjunganmu kok suruh niru orang yg ga bisa krja, cuma pandai mnata kta?”

Hingga Jumat, 11 September 2020, unggahan akun Surya Mandava telah mendapatkan 15 komentar dan direspons 10 pengguna lainnya. Unggahan ini juga sudah dibagikan oleh dua pengguna lainnya.

Namun, benarkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua gubernur untuk meniru kerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selamatkan ekonomi?

Cek Fakta

Dari penelusuran Tim Anti Hoax JACX Antara, menemukan fakta konten “Resesi di Depan Mata, Jokowi Minta Semua Gubernur Tiru Kerja Keras Anies Selamatkan Ekonomi” yang dipublikasikan TindoNews pada Kamis, 10 September 2020, pernah dimuat oleh situs daring bislaw.id pada Senin, 7 September 2020 dengan judul dan isi yang sama.

Kedua konten itu menyebut Presiden Jokowi memberikan arahan kepada seluruh kepala daerah untuk menggenjot perekonomian Indonesia karena ekonomi pada kuartal II-2020 turun 5,3%.

Jokowi, dalam konten itu, menyebut dua daerah yang merealisasikan belanja daerah cukup tinggi adalah Sumatra Barat dan DKI Jakarta. Namun, tidak ada kalimat Presiden Jokowi mengarahkan kepala daerah lain untuk mencontoh kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan guna menggenjot perekonomian daerah.

Dengan demikian, konten dalam situs bislaw.id serta TindoNews telah memuat informasi salah pada judul artikel. Alasannya, karena tidak sesuai dengan isi artikel.

Klaim: Jokowi meminta semua gubernur tiru kerja Anies selamatkan ekonomi
Rating: Salah/Disinformasi/Hoax (SKO)