Photo by Edmond Dantès: https://www.pexels.com/photo/woman-in-a-job-interview-4344878/
Gaya Hidup

Cek Saat Wawancara, Cara Mengetahui Perusahaan yang Anda Lamar Memiliki Lingkungan Kerja yang Buruk

  • Tidak dapat dipungkiri lingkungan kerja yang buruk kerap dihindari pekerja saat mencari pekerjaan
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARA - Umumnya, orang berpendapat bahwa wawancara kerja adalah kesempatan bagi perusahaan untuk mengenal kandidat. Namun, dalam kesempatan wawancara kandidat juga bisa mengenali perusahaan lebih dekat untuk akhirnya memutuskan untuk mengambil kesempatan bekerja di sana atau tidak jika perusahaan memutuskan menerima mereka.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Manchester's Business School mengatakan bahwa persentase pekerja yang meninggalkan pekerjaannya karena masalah ekonomi jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan budaya perusahaan yang tidak teratur dan bos yang tidak baik.

Tidak dapat dipungkiri lingkungan kerja yang buruk kerap dihindari pekerja saat mencari pekerjaan, lalu bagaimana cara mengetahui apakah lingkungan kerja perusahaan yang Anda lamar buruk secepat mungkin bahkan saat sesi wawancara?

1. Perhatikan tanda-tanda disorganisasi

Waktu adalah emas. Jika pewawancara membuat Anda menunggu lebih dari 10 atau 15 menit sebelum menemui Anda dan bahkan tidak meminta maaf sama sekali. Bisa dipastikan mereka tidak menghargai waktu Anda jadi mereka juga tidak menghargai Anda.  

2. Perhatikan apakah Anda merasa dihormati

Jika Anda merasa tidak nyaman atau diremehkan oleh perekrut, atau calon anggota tim Anda saat wawancara, mungkin Anda sedang menghadapi lingkungan kerja yang buruk.

Misalnya mereka mengkritik atau meremehkan pencapaian dan hobi Anda. Namun, terkadang perekrut memang sengaja mengatakan sesuatu yang sedikit negatif tentang hobi Anda hanya untuk memicu respon Anda. Jadi perhatikan intensi sebenarnya dari pertanyaan mereka.

3. Percayalah pada firasat Anda

Intuisi Anda bisa menjadi jalan untuk mendeteksi apakah lingkungan kerja di perusahaan yang Anda lamar buruk. Jika Anda merasa tidak nyaman selama proses wawancara, beri perhatian lebih pada firasat Anda.

Perhatikan perilaku dan ekspresi perekrut, apakah mereka tampak antusias, atau tidak bahagia dan kurang termotivasi.

Jika Anda mendapat kesempatan, perhatikan bagaimana karyawan berinteraksi dengan atasan mereka. Lihat apakah mereka bisa berinteraksi dengan santai atau ada ketegangan di diri mereka.

Kita menghabiskan sebagian hidup kita di tempat kerja, sehingga tempat kerja kita memiliki pengaruh yang sangat besar pada setiap bidang aktivitas kita. Inilah mengapa kita harus sangat selektif tentang pekerjaan yang akan kita ambil termasuk seberapa baik lingkungannya untuk menyelamatkan kita dari masalah jangka panjang.