CEO Apple Tim Cook Tidak Ingin Orang-orang Menggunakan iPhone Terlalu Sering
Tekno

CEO Apple Buka Suara Tentang Kecerdasan Buatan (AI), Ini Katanya

  • CEO Apple Tim Cook buka suara mengenai pandangannya terhadap perkembangan teknologi kecerdasan buatan.
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

CALIFORNIA- CEO Apple Tim Cook buka suara mengenai pandangannya terhadap perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Menurutnya, AI bisa dikatan sebagai tekologi sapu jagat yang harus digunakan dengan hati-hati.

"Sangat penting untuk berhati-hati dan bijaksana tentang bagaimana Anda mendekati hal-hal ini," kata Cook sebagaimana dikutip TrenAsia.com dari Insider, Jumat, 5 Mei 2023.

Pada laporan pendapatan perusahaan, Cook juga berbicara bagaimana Apple menggunakan teknologi kecerdasan buatan di perusahaan.

Sebagai catatan, Apple menjadi salah satu perusahaan yang tampak kalem ketika perusahaan saingannya yakni Google dan Microsoft sibuk bergelut bersama AI generatif.

Meski begitu, rupanya Cook megatakan bahwa selama ini Apple telah memasukkan sistem pembelajaran berbasis mesin AI ke dalam beberapa produknya dan berpotensi akan semakin berkembang lebih besar.

Lebih rinci, dari poduk berteknologi kecerdasan buatan pada produk Apple di antaranya diterapkan pada fitur seperti deteksi jatuh yang ditemukan pada beberapa model Apple Watch, serta deteksi kerusakan yang ditemukan pada perangkat Apple tertentu.

"Hal-hal ini bukan hanya fitur hebat, tetapi juga menyelamatkan nyawa orang di luar sana. Kami memandang AI sebagai sesuatu yang besar dan kami akan terus menganyamnya dalam produk kami dengan sangat hati-hati," kata Cook.

Pernyataan tersebut menggemakan komentarnya pada panggilan pendapatan Apple sebelumnya pada bulan Februari, di mana Cook juga menegaskan potensi besar AI dan tetap memperluas cakupannya.

Cook mengatakan Apple tidak mengomentari peta jalan produk masa depan. Namun di sisi lain, Ia menjawab tepat satu pertanyaan tentang AI yang menghabiskan kurang dari beberapa menit untuk membahas masalah tersebut.