CEO Instagram Beberkan Bagaimana Algoritma Instagram Merekomendasikan Konten untuk Anda
Tekno

CEO Instagram Beberkan Bagaimana Algoritma Instagram Merekomendasikan Konten untuk Anda

  • Simak penjelasan mengenai algoritma Feed di Instagram yang dijelaskan oleh CEO Instagram, Adam Mosseri.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana Instagram merekomendasikan suatu konten untuk Anda? Selain itu, apakah Anda juga penasaran bagaimana Anda dapat menggunakan algoritmanya untuk meningkatkan followers Anda di platform tersebut?

Jika iya, Anda mungkin memerlukan informasi berikut ini. Pasalnya, CEO Instagram, Adam Mosseri telah menulis blog secara mendetail yang menjelaskan cara kerja dari aplikasi Instagram.

Algoritma Postingan di Feed Instagram

Algoritma postingan di Feed Instagram

Adam Mosseri menjelaskan bahwa Feed adalah basis pengguna yang dipersonalisasi yang memiliki campuran konten dari akun yang mereka pilih untuk diikuti, konten yang direkomendasikan dari akun Instagram yang menurut mereka mungkin mereka sukai, dan iklan.

“Kami mulai dengan menentukan serangkaian hal yang kami rencanakan untuk diberi peringkat terlebih dahulu. Dengan Feed, kami mempertimbangkan postingan terbaru yang dibagikan oleh orang yang Anda ikuti, serta postingan dari akun yang belum Anda ikuti yang menurut kami mungkin Anda minati. Kami menentukan apa yang mungkin Anda minati berdasarkan berbagai faktor, termasuk apa dan dengan siapa Anda mengikuti, menyukai, atau berinteraksi baru-baru ini. Kami mempersonalisasi pengalaman bagi Anda untuk mencoba mencapai keseimbangan antara konten dari akun yang Anda ikuti dengan konten dari akun yang tidak Anda ikuti tetapi mungkin tertarik," tulis Adam Mosseri di blog resmi Instagram seperti yang dikutip Trenasia pada Rabu, 4 Oktober 2023.

Oleh karena itu, Feed Anda dapat dipengaruhi oleh aktivitas Anda, informasi tentang postingan, informasi tentang orang yang memposting, dan riwayat interaksi Anda dengan seseorang.

Berikutnya, Instagram akan membuat serangkaian prediksi yang biasanya merupakan tebakan tentang seberapa besar kemungkinan Anda akan berinteraksi dengan postingan dengan cara yang berbeda. Instagram juga akan menambahkan atau menghapus sinyal dan prediksi tersebut dari waktu ke waktu untuk menyempurnakan tampilan yang lebih Anda minati.

Cara Kerja Peringkat di Instagram Stories

Story atau Stories yang dilihat berasal dari orang-orang yang Anda pilih untuk diikuti serta iklan. Sinyal masukan untuk Stories atau Story yang mungkin ditampilkan Instagram kepada akun Anda mencakup riwayat penayangan Anda, riwayat keterlibatan dengan Stories dari akun tersebut, dan kedekatan (melihat hubungan Anda dengan pengunggah Stories secara keseluruhan).

Bagaimana Cara Seseorang Dapat Memengaruhi Apa yang Dilihat di Instagram?

Cara seseorang saat menggunakan Instagram sangat memengaruhi hal-hal yang mereka lihat dan tidak lihat. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengotak-atik isi tampilan dari Instagram Anda.

  1. Tambahkan akun ke daftar Favorites untuk memastikan bahwa Anda tidak melewatkan kontennya.
  2. Pilih teman dekat Anda untuk Stories.
  3. Mute orang yang tidak Anda minati.
  4. Untuk berhenti melihat postingan dari suatu akun, Anda juga dapat berhenti mengikuti akun tersebut kapan saja.
  5. Tanggapi survei yang berasal dari Instagram yang menanyakan apakah postingan ini sepadan dengan waktu Anda? Anda bisa menjawabnya untuk membantu meningkatkan rekomendasi.

Itu tadi penjelasan mengenai algoritma Feed di Instagram yang dijelaskan oleh CEO Instagram, Adam Mosseri. Apakah Anda tertarik untuk mencoba trik di atas?