Pencipta ChatGPT Sam Altman Raih Golden Visa Pertama di Indonesia, Apa Saja Keuntungannya?
Tekno

CEO OpenAI Keciduk Temui Para Sultan, Ingin Bangun Pabrik Chip?

  • Altman saat ini diketahui tengah berbicara dengan perusahaan besar asal Taiwan, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) untuk membuka pabrik pembuatan chip AI.
Tekno
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - CEO laboratorium penelitian kecerdasan buatan OpenAI, Sam Altman keciduk temui sultan-sultan dan disebut-sebut berencana untuk membangun pabrik pembuatan chip. 

Dikutip dari Techclusive, Altman saat ini diketahui tengah berbicara dengan perusahaan besar asal Taiwan, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) untuk membuka pabrik pembuatan chip AI.

Untuk diketahui, TSMC membuat chip untuk berbagai perangkat. Mereka memiliki chip di laptop dan ponsel Apple, serta banyak perangkat ARM dan AMD.

TSMC bersaing dengan produsen chip lain seperti Intel, Samsung, AMD, dan yang lainnya.

Sejalan dengan laporan tersebut, Financial Times mengatakan Atman tengah mencoba mengumpulkan banyak uang dari investor di seluruh dunia untuk pabrik chip. 

Sementara Bloomberg pertama kali melaporkan bahwa Altma tengah berbicara dengan investor asal Timur Tengah Sheikh Tahnoon bin Zayed al-Nahyan tentang usaha pembuatan chip.

Untuk diketahui, Sheikh Tahnoon adalah salah satu orang terkaya di Abu Dhabi. 

Sheikh Tahnoon juga merupakan saudara dari presiden negara Teluk, Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan, yang juga menjabat sebagai penasihat keamanan nasional.

Ia bertanggung jawab atas Dana Investasi Abu Dhabi senilai US$800 miliar atau setara Rp12 triliun rupiah (kurs Rp15.000) dan juga ADQ, entitas investasi negara lainnya. 

Meski begitu, belum ada informasi jelas tentang berapa banyak uang yang ingin dikumpulkan oleh Altman untuk usahanya yang baru.

Sebelumnya Altman juga pernah menyebutkan rencananya untuk membuka usaha AI yang baru, tepatnya pada November tahun lalu. Sehingga tak sedikit yang berasumsi usaha baru Altman adalah pabrik pembuatan chip.

Chip menjadi salah satu teknologi yang paling banyak dibicarakan di Silicon Valley. Selain itu, OpenAI sudah terkenal di dunia kecerdasan buatan, jadi chip AI mungkin akan memberikan manfaat bagi mereka.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2015 ini juga baru saja meluncurkan GPT Store yang memungkinkan pengguna berlangganan membayar untuk membeli versi GPT kustom. Untuk membeli GPT, pengguna harus berlangganan salah satu paket premium OpenAI, seperti ChatGPT Plus, ChatGPT Enterprise, atau ChatGPT Team yang baru diluncurkan.