Cepogo Cheese Park
Gaya Hidup

Cepogo Cheese Park, “Taman Keju” di Lereng Gunung Merapi-Merbabu

  • Selain memperkenalkan deretan produk olahan susu bernama keju, Cepogo Cheese Park menyediakan pilihan wahana wisata keluarga.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

SOLO—Kabupaten Boyolali kini tak hanya terkenal dengan produksi susu sapi. Daerah yang terletak di sebelah barat Kota Solo itu sekarang memiliki destinasi wisata ciamik bernama Cepogo Cheese Park. Selain memperkenalkan deretan produk olahan susu bernama keju, Cepogo Cheese Park menyediakan pilihan wahana wisata keluarga. 

Cepogo Cheese Park berlokasi di Desa Genting, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Kawasan wisata yang baru dibuka Desember 2022 ini berada di lereng Gunung Merapi-Merbabu dengan ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut. Lokasi tersebut memungkinkan pengunjung menikmati panorama Gunung Merapi dan Gunung Merbabu saat cerah.  

Sesuai namanya, Cepogo Cheese Park bakal menyediakan kuliner dengan bahan dasar keju. Obyek wisata yang dibangun PT Cimory Group ini juga menyiapkan fasilitas untuk edukasi pembuatan keju. Fasilitas bernama Rumah Keju ini rencananya bakal dibuka akhir Januari atau Februari 2023. Di Rumah Keju, pengunjung akan diajak mengikuti demo pembuatan keju dengan mentor chef berpengalaman asal Swiss. 

Saat ini pengelola telah menyediakan wahana wisata keluarga seperti kebun binatang mini. Cepogo Cheese Park memelihara sejumlah hewan seperti domba, kuda poni, kelinci, iguana, biawak, sapi, berang-berang dan sejumlah jenis unggas. Selain itu ada wahana permainan dan ketangkasan seperti berkuda, memanah naik motor ATV hingga kereta kelinci.

Lalu berapa harga tiket masuknya? Tenang, pengelola menetapkan tarif cukup terjangkau yakni Rp20.000 per orang. Pengunjung dapat menikmati obyek wisata mulai pukul 08.00-17.30 WIB. Untuk layanan toko dan restoran, jam operasional dibuka mulai pukul 08.00-19.00 WIB. Tertarik merasakan sensasi liburan di “taman keju” di lereng Gunung Merapi dan Merbabu? Yuk main ke Cepogo Cheese Park!