<p>ilustrasi// Foto: Ismail Pohan &#8211; Tren Asia</p>
Nasional

Cetak Rekor! Harta 50 Orang Terkaya di Indonesia Melonjak Jadi Rp2,81 Kuadriliun

  • Kekayaan 50 orang terkaya di Indonesia mengalami kenaikan pada 2022. Hal ini menyusul membaiknya perekonomian Indonesia.
Nasional
Fakhri Rezy

Fakhri Rezy

Author

JAKARTA - Kekayaan 50 orang terkaya di Indonesia mengalami kenaikan pada 2022. Hal ini menyusul membaiknya perekonomian Indonesia.

Melansir data Forbes, Kamis, 8 November 2022, kekayaan 50 orang kaya di Indonesia menyentuh rekor sebesar US$180 miliar atau Rp2,81 kuadriliun (kurs Rp15.600 per dolar AS). Besaran tersebut naik 11,11% dibandingkan tahun lalu yang sebesar US$162 miliar atau Rp2,53 kuadriliun.

Kenaikan tersebut didukung oleh kenaikan harga komoditas yang membuat ekspor Indonesia pun melonjak. Serta, pengaruh dari perekonomian Indonesia yang masih tumbuh dan diperkirakan sebesar 5,3% pada 2022 menyusul kenaikan pada 2021 yang sebesar 3,7%. Walaupun, capaian positif tersebut tertahan oleh kenaikan inflasi yang cukup signifikan.

Dari data forbes, sebanyak 22 taipan mengalami peningkatan kekayaan bersihnya, termasuk 3 teratas. Adik Kakak R. Budi dan Michael Hartono tetap di No. 1 dengan kekayaan $47,7 miliar atau Rp744,12 triliun, naik $5,1 miliar atau Rp79,56 triliun dari tahun lalu. Itu sebagian karena IPO PT Global Digital Niaga Tbk mereka, induk dari raksasa e-commerce Blibli, yang mengumpulkan Rp8 triliun dan termasuk IPO terbesar kedua di Indonesia.

Sementara itu, kenaikan harga batu bara di tengah krisis energi membawa Low Tuck Kwong ke posisi kedua dengan lonjakan kekayaan hampir lima kali lipat menjadi US$12,1 miliar atau Rp187,2 triliun. Melonjaknya saham PT Bayan Resources Tbk (BYAN) miliknya membuatnya menjadi pemenang tahun ini baik dalam persentase maupun nilainya.

Keluarga Widjaja dari konglomerat Sinar Mas merosot ke Nomor tiga, tetapi pemulihan bisnis kertas grup membantu meningkatkan kekayaan mereka sebesar $1,1 miliar atau Rp17,16 triliun menjadi $10,8 miliar atau Rp168,48 triliun.

Ekspansi di jaringan toko serba ada, Alfamart membuat Djoko Susanto menjadi pemenang besar lainnya tahun ini. Setelah melipatgandakan kekayaannya menjadi $4,1 miliar atau Rp63,96 miliar, Susanto masuk dalam 10 besar untuk pertama kalinya.

Secara keseluruhan di antara para pemenang, setengah lusin naik lebih dari $1 miliar. Adapun total kekayaan lebih dari US$46 miliar, naik dari 41 tahun lalu.

Veteran perbankan Jerry Ng, yang merupakan pemenang terbesar tahun lalu dalam persentase, melihat kekayaan bersihnya turun paling banyak dalam persentase (63%) dan dolar (US$2 miliar). Saham Bank Jago miliknya jatuh dari puncaknya karena investor menganggap pemberi pinjaman dinilai terlalu tinggi.

Sementara itu, pajak rokok yang lebih tinggi menyeret kekayaan pengusaha tembakau Susilo Wonowidjojo sebesar US$1,3 miliar atau Rp20,28 triliun menjadi $3,5 miliar atau Rp54,6 triliun.

Keenam wajah baru tahun ini adalah miliarder dengan industri batu bara menghasilkan tiga: Dewi Kam, yang 10% sahamnya di Bayan Resources menjadikannya pendatang baru terkaya dengan US$2 miliar; Ghan Djoe Hiang, pemilik Baramulti Group yang didirikan oleh mendiang suaminya Athanasius Tossin Suharya; dan Eddy Sugianto, yang memperkenalkan perusahaan tambang batu bara Prima Andalan Mandiri pada tahun 2021.

IPO pemasok produk susu dan makanan olahan Cisarua Mountain Dairy tahun lalu, yang lebih dikenal sebagai Cimory, mengamankan posisi debut Bambang Sutantio dengan US$1,85 miliar.