Sam Altman Mantan Direktur Utama ChatGPT
Tekno

ChatGPT Gangguan Sekitar 3 Jam, Gara-gara Sam Altman Dipecat?

  • Setelah memecat Sam Altman dari Direktur Utama ChatGPT, perusahaan Artificial Intelligence (AI) besutan OpenAI ini kembali dirundung masalah serius.
Tekno
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Setelah memecat Sam Altman dari Direktur Utama ChatGPT, perusahaan Artificial Intelligence (AI) besutan OpenAI ini kembali dirundung masalah serius. Sebab, sistem operasi chatbot itu mengalami gangguan kurang lebih 3 jam. 

Asal tahu saja, beberapa saat lalu pengguna ChatGPT tidak dapat menggunakan fitur perintah chatbot sejak pukul 14.09 PST (Pacific Standard Time) atau pukul 5.09 WIB pada, Rabu, 22 November 2023. 

Menurut pernyataan resmi dari OpenAI, keterbasan akses pengguna ke ChatGPT disebabkan oleh tingkat kesalahan yang tinggi dalam Aplication Program Interface (API). Setelah itu, perusahaan dengan segera melakukan identifikasi dan perbaikan terhadap masalah tersebut.

Melansir Bussines Insider, gangguan yang dialami ChatGPT ini disebabkan oleh pemadaman listrik perusahaan pada sore hari pukul 14.00 PST. Alhasil, para pengguna chatbot ini tidak bisa memerintahkan platform untuk bekerja dan bahkan para pengguna terpental dari sistem.  

Namun, masalah tersebut akhirnya dapat teratasi sejak pukul  17.09 PST atau pukul 08.09 WIB. Meski begitu, OpenAI masih akan terus memantau guna pencadangan data untuk memudahkan para pengguna. 

“Kami memantau dengan cermat untuk memastikan Anda mendapatkan layanan penuh. Kami berencana menerbitkan postmortem publik untuk menjelaskan apa yang terjadi dan bagaimana kami mencegah masalah serupa di masa mendatang,” tulis OpenAI. 

Pada dasarnya, situasi serupa pernah terjadi pada awal bulan ini. Menurut penjelasan dari OpenAI, kejadian tersebut mencerminkan serangan yang ditargetkan hingga menyebabkan sistem ChatGPT yang juga dikenal sebagai serangan DDoS.

Karyawan Ancam Mundur

Sebelumnya, pada Jumat, 17 November 2023, OpenAI, perusahaan induk dari platform kecerdasan buatan ChatGPT, mengakhiri hubungan kerja dengan Sam Altman yang berposisi sebagai CEO. Pemecatan tersebut dikaitkan sebagai dampak dari masalah komunikasi.

Mendengar kabar itu, sekitar 738 dari 770 atau karyawan OpenAI mengacam mengundurkan diri dan siap mengikuti Altman, kecuali dewan perusahaan tersebut memutuskan untuk tetap berada pada posisinya dan mengembalikan jabatan CEO tersebut kepada Altman. 

“Proses yang Anda lalui untuk memberhentikan Sam Altman dan mencopot Greg Brockman dari dewan direksi telah membahayakan semua pekerjaan ini dan merusak misi dan perusahaan kami. Tindakan Anda menunjukkan dengan jelas bahwa Anda tidak memiliki kompetensi untuk mengawasi OpenAI,” tulis surat karyawam seperti dikutip dari Bussines Insider. 

Mengetahui hal itu, raksasa teknologi Microsoft langsung memanfaatkan kesempatan dengan merekrut Altman dan Greg Brockman. keduanya diklaim akan memimpin tim pengembangan AI di perusahaan tersebut.

"Kami sangat senang mengumumkan kabar bahwa Sam Altman dan Greg Brockman, bersama dengan beberapa rekan, akan bergabung untuk memimpin tim riset AI yang baru di Microsoft. Kami tak sabar untuk secepatnya menyediakan berbagai keperluan untuk menunjang kesuksesan mereka," kata Nadella CEO Microsoft dikutip dari The Verge.

Sebagai tambahan, ChatGPT di bawah Altman popularitasnya mulai meroket sejak November 2022. Hal ini mendorong banyak perusahaan lain untuk bersaing dan ikut serta dalam industri kecerdasan buatan, mencakup berbagai aspek mulai dari AI generatif yang menghasilkan konten visual hingga AI yang terintegrasi dalam mesin pencarian.