Trik Mudah Cara Nonton YouTube Sambil Chat di WhatsApp
Tekno

Chat Grup WhatsApp Bikin Memori Ponsel Penuh dan Sering Error? Ini Cara Mengatasinya

  • Inilah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi chat grup WhatsApp yang bikin memori ponsel jadi penuh dan sering error
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Hampir semua orang yang memiliki atau menggunakan ponsel mempunyai aplikasi WhatsApp yang terinstal atau terpasang di smartphone-nya. Meski ada aplikasi chat lain yang tidak kalah unggul dibanding WhatsApp seperti Telegram, WhatsApp tetap masih jadi favorit banyak orang.

Hal ini mungkin karena WhatsApp memberikan banyak kemudahan mengirim berbagai jenis teks, mulai teks biasa, pesan suara, gambar, video, bahkan bisa mengirim dokumen, melakukan panggilan telepon, dan video call. Tak jarang, banyak orang yang menggunakan fitur grup di WhatsApp untuk lebih memudahkan berkomunikasi antar sesama teman atau rekan kerja.

Akan tetapi, sering sekali anggota grup mengirim pesan berbentuk gambar, video, gif dan sebagainya yang ketika masuk ke ponsel Anda membuat memori ponsel jadi penuh. Tak jarang jika memori penuh, ponsel jadi sering error dan tidak responsif.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara agar memori Anda kembali bersih dari data di grup chat WhatsApp. Untuk melakukannya, Anda cukup masuk ke bagian ‘Settings’ atau pengaturan yang ada di aplikasi WhatsApp.

Kemudian, klik ‘Storage Usage’ pada ‘Data and Storage Usage’. Setelah itu, Anda akan mengetahui berapa banyak memori yang dihabiskan dari masing-masing chat yang ada di ponsel Anda, entah itu dari grup atau chat personal.

Setelah Anda mengetahuinya, Anda cukup memeriksa bentuk file apa saja yang paling besar, kemudian hapus data atau file yang sekiranya tidak penting. Jika menurut Anda file itu penting tapi ukurannya besar, Anda bisa mengunggahnya ke Google Drive Anda yang memiliki memori lebih banyak bahkan sampai 15 GB per akun.

Selamat mencoba.