TELEMMGLPICT000268755689_trans_NvBQzQNjv4BqzG0JgNuuStQQjN7j3_J7qWApZiaWTgIYWq-lPaLM7cg.jpeg
Gaya Hidup

Chelsea Dapat Jatah Rp386 Miliar dari Penjualan Tino Livramento ke Newcastle, Ini Alasannya

  • Bahwa 50 persen biaya penjualan Tino Livramento ke Newcasle, sebesar Rp386 Miliar akan diberikan kepada mantan klubnya Chelsea.

Gaya Hidup

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTASouthampton sepakat menjual fullback kanan Tino Livramento ke Newcastle. Eks akademi Chelsea itu dihargai 35 juta + 5 juta Pounsdterling bonus atau Rp776 miliar (asumsi kurs, Rp19,327 per satu pounds).

Diketahui Tino dibeli Southampton dari Chelsea pada 2021 dengan mahar transfer 5 juta pounds/Rp96 miliar. Sayangnya, hasil penjualan tersebut tak bisa dinikmati 100 persen dan harus dibagi dengan mantan klub bek timnas Inggris U-21 itu.

Melansir, TalkSports, Jumat 4 Agustus, dapat dipahami bahwa 50 persen dari biaya penjualan Tino ke Newcasle, sebesar 20 juta pounds/ Rp386 Miliar akan diberikan kepada Chelsea. Hal itu karena The Blues memiliki klausul penjualan masa depan mantan pemainnya tersebut.

Nantinya, Tino yang masih berusia 20 tahun itu akan bersaing dengan bek senior timnas Inggris Kieran Trippier untuk mendapatkan tempat utama di posisi bek kanan Newcastle. 

Newcastle yang akan tampil di Liga Champions musim depan, terlihat sangat aktif di bursa transfer musim panas 2023. Hal tersebut digunakan untuk memperkuat kedalaman tim.  

Sebelumnya, The Magpies, telah mendatangkan gelandang tengah Sandro Tonali dari AC Milan dan pemain sayap Harvey Barnes dari Leicester City.

Oleh sebab itu, kepindahan Tino ke Newcastle merupakan keutungan tersendiri. Pasalnya ia pada musim lalu hanya menghabiskan di bangku cadangan dan Southampton harus terdegradasi ke Divisi Championship. 

Pada musim lalu, bek timnas Inggris U-21 itu hanya tampil dua kali musim lalu setelah menderita cedera ligamen anterior pada April 2022. Dia masuk sebagai pemain pengganti dalam dua pertandingan terakhir Southampton musim lalu melawan Brighton dan Liverpool.

Selama berkarir sebagai pemain Southampton, Tino telah memainkan 32 pertandingan selama musim 2021-22 dan 28 pertandingan tersebut antara lain pada kompetisi Liga Premier Inggris.