<p>Militer Myanmar/YouTube</p>
Dunia

China Siap Bantu ASEAN Selesaikan Masalah Myanmar

  • China siap membantu organisasi regional Asia Tenggara, ASEAN untuk meningkatkan stabilitas dan perdamaian di Myanmar.

Dunia
Mochammad Ade Pamungkas

Mochammad Ade Pamungkas

Author

JAKARTA – China siap membantu organisasi regional Asia Tenggara, ASEAN untuk meningkatkan stabilitas dan perdamaian di Myanmar.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi berharap seluruh partai di Myanmar dapat bertindak untuk kepentingan fundamental jangka-panjang.

Menurutnya, pihak yang berwenang seharusnya menyelesaikan masalahnya dengan menekankan perdamaian di bawah konstitusi dan kerangka hukum.

Kemudian seluruh pihak di Myanmar harus melanjutkan proses transisi demokrasi dengan cara yang sepatutnya.

“Militer dan partai politik Myanmar memiliki kewajiban penting untuk stabilitas dan pembangunan negara,” ujar Wang Yi dilansir dari SCMP.

Pada perbincangannya dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, Wang Yi menyampaikan bahwa, stabilitas dan perdamaian di Myanmar merupakan hal yang penting bagi China dan Asia Tenggara.

Namun menurut Xiu Luping, ahli dari Institutes of Asia Pacific Studies, mengatakan bahwa China tidak akan ikut campur pada urusan internal Myanmar.

Hal itu ditunjukan dari sikap China yang mengajukan veto pada proposal Dewan Keamanan PBB untuk menyalahkan militer Myanmar pada 2 Februari 2021.

Sebaliknya pemerintah China siap untuk berperan konstruktif melalui jaringannya di ASEAN untuk menyelesaikan isu kudeta tersebut.

“China menginginkan sebuah solusi dengan ASEAN yang memiliki peran sentral” ujar Xu Liping. (SKO)