Dari ki-ka : Direktur Komunikasi dan Kemitraan KEHATI Rika Anggraini - Direktur Program KEHATI Rony Megawanto - Head of Secured Lending & Deposit Business CIMB Niaga Febrian Sugiharta - Head of Corporate Governance & Sustainability CIMB Niaga Lina  usai penandatangan kerja sama antara KEHATI dan KPR XTRA CIMB Niaga pada Press Briefing One House One Tree bertema Bambu: Dulu, Kini, dan Masa Depan yang di Jakarta. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Foto

CIMB Niaga dan KEHATI Luncurkan KPR One House One Tree

  • KEHATI dan CIMB Niaga akan melakukan restorasi melalui penanaman bambu di Desa Rana Kolong Kecamatan Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur, NTT.
Foto
Panji Asmoro

Panji Asmoro

Author

Indonesia adalah negara yang memiliki hutan bambu dengan luasan tertinggi nomor 6 di dunia, yaitu mencapai 185 juta ha. Indonesia juga pada 2019 memiliki lebih dari 162 jenis keragaman bambu yang tersebar di seluruh wilayah atau sebesar 12% dari seluruh jenis bambu dunia, yang terdiri dari 140 jenis asli (native), 105 jenis endemik (endemic) dan beberapa jenis introduksi (non-native). 

Tanaman berjenis rumput-rumputan ini memiliki banyak manfaat. Jika dikelola dengan baik, tanaman bambu dapat memberikan banyak manfaat tidak hanya secara ekologi, namun juga secara ekonomi.

Kabupaten Manggarai Timur merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan luas wilayah mencapai 2.643,41 kilometer persegi. Didominasi oleh Kawasan lahan kering, dan dengan luas lahan kritis mencapai 6.509,25 Ha (7,23%) membuat Kabupaten Manggarai Timur memerlukan program konservasi untuk menambah luasan vegetasi hutan.

Oleh karena itu, Yayasan KEHATI bekerja sama dengan LSM Lokal Yayasan Ayo Indonesia, Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis bersama masyarakat melalui dukungan CIMB Niaga akan melakukan restorasi melalui penanaman bambu di Desa Rana Kolong Kecamatan Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur, NTT. 

Berbekal izin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakat (IUPHKm), tanaman bambu akan ditanam di lahan seluas 44 ha. Bambu akan ditanam sebagai pembatas di blok pemanfaatan dan blok lindung. Jenis bambu yang akan ditanam antara lain bambu betung, bambu tali, dan bambu aur. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia