<p>Maskapai penerbangan komersil Citilink tampak terparkir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jum&#8217;at, 3 Juni 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Citilink Buka Rute Baru ke Sampit dan Pangkalan Bun

  • Maskapai low cost carrier Citilink melakukan ekspansi bisnis di awal semester II-2021 ini. Maskapai tersebut membuka rute penerbangan baru yang menyasar wilayah Timur Indonesia.

Nasional

Muhamad Arfan Septiawan

JAKARTA – Maskapai low cost carrier Citilink melakukan ekspansi bisnis di awal semester II-2021 ini. Maskapai tersebut membuka rute penerbangan baru yang menyasar wilayah Timur Indonesia.

Rute baru tersebut antara lain Surabaya-Sampit dan Surabaya-Pangkalan Bun yang mulai berlaku sejak Jumat, 9 Juli 2021. Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo mengungkapkan rute tersebut bakal beroperasi dengan pesawat ATR 72-600.

Juliandra tetap yakin bisa menangkap peluang bisnis dari pembukaan rute di tengah pandemi COVID-19 ini. Ekspansi bisnis ini sekaligus menjadi upaya anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

“Komitmen kami tetap memberikan aksesibilitas bagi masyarakat di daerah yang harus melakukan perjalanan dan meningkatkan konektivitas antar pulau,” ucap Juliandra dalam keterangan resmi, Sabtu, 10 Juli 2021.

Untuk diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengubah ketentuan perjalanan udara melalui Surat Edaran nomor 45/2021. Dalam surat tersebut, penumpang yang bakal melakukan perjalanan udara dari/menuju Jawa-Bali harus melampirkan surat negatif COVID-19 dari hasil PCR dan sertifikat vaksin.

Selain itu, Citilink bakal ikut menggarap bisnis logistik di dua rute tersebut. Menurut Juliandra, pembukaan rute baru tepat untuk mempercepat akses logistik, terutama consumer goods di tengah pandemi COVID-19

“Kami juga berupaya menunjang kelancaran pendistribusian logistik melalui jalur udara di masa COVID-19 ini,” ucap Juliandra.