<p>Co-founder YouTube, Steve Chen. Dok: Biography</p>
Industri

Co-founder YouTube Steve Chen Bangun Hedge Fund Berbasis AI

  • JAKARTA – Co-founder YouTube Steve Chen menggandeng manager keuangan Jack Fu meluncurkan hedge fund yang fokus pada saham dan aset pendapatan tetap melalui penggunaan kecerdasan buatan. Chen mengatakan Draco Capital Macro Quant Fund yang berdiri sejak September 2020 telah mengumpulkan US$50 juta. Targetnya, US$200 juta pada akhir 2021. Hedge fund tersebut menggunakan algoritma artificial intelligence […]

Industri
Gloria Natalia Dolorosa

Gloria Natalia Dolorosa

Author

JAKARTA – Co-founder YouTube Steve Chen menggandeng manager keuangan Jack Fu meluncurkan hedge fund yang fokus pada saham dan aset pendapatan tetap melalui penggunaan kecerdasan buatan.

Chen mengatakan Draco Capital Macro Quant Fund yang berdiri sejak September 2020 telah mengumpulkan US$50 juta. Targetnya, US$200 juta pada akhir 2021.

Hedge fund tersebut menggunakan algoritma artificial intelligence (AI) untuk mengukur aset mana yang ideal untuk pasar bullish dan bearish.

“Ini menggunakan banyak AI dan pemrosesan data besar yang digunakan di perusahaan tempat saya bekerja dan atau memberi nasihat di Silicon Valley,” kata Chen, dikutip Forbes, Minggu, 27 Desember 2020.

Ia mengatakan, hedge fund miliknya mempertimbangkan perusahaan teknologi besar, seperti Apple dan Microsoft, dalam pasar bullish. Sementara, lebih fokus pada aset defensif, seperti emas dan treasury jangka panjang, di pasar bearish.

Chen mengatakan proses “investasi sistematis” menambah akurasi pada pengambilan keputusan. Itu artinya menggabungkan analisis ekonomi dan logika investasi dengan algoritma komputer untuk membuat model pengambilan keputusan yang digerakkan AI. Cara itu disiapkan untuk mengurangi risiko penurunan.

“(Hedge fund) menggantikan perdagangan subjektif berdasarkan penilaian manusia dengan sistematisasi,” kata Chen.

Chen bertemu dengan mitranya, Jack Fu, tahun lalu. Ia mendapati bahwa Fu tahu bagaimana menggunakan big data secara efektif untuk mengelola investasi.

“Ini memacu motivasi saya untuk menreapkan latar belakang profesional saya ke dalam area finansial,” kata Chen.

Chen dan Fu bekerja sama saat ini di hedge fund yang terdaftar di Delaware, AS, sebagai co-owners Draco Capital Partners yang dimulai Fu pada 2015.

Fu yang berbasis di Taiwan sebelumnya menjalankan hedge funds. Saat ini ia memimpin kelompok analis, ilmuwan data, dan perekayasa komputer.

Sementara, Chen turut membangun YouTube dengan rekan pendiri PayPal Chad Hurley dan Jawed Karim pada 2005. Chen sebelumnya entrepreneur-in-residence di Google Ventures sejak 2014 hingga 2018. Ia lantas kembali ke Taiwan pada 2019 dengan ambisi membantu perusahaan rintisan Taiwan.