<p>Sejumlah penyelam mengibarkan Bendera Merah Putih saat upacara pengibaran Bendera Peringatan HUT ke-75 RI di Akuarium Utama Sea Word, Ancol, Jakarta, Senin, 17 Agustus 2020. Pengibaran Bendera Merah Putih dan Pembacaan Teks Proklamasi oleh empat orang penyelam profesional Sea Word Ancol tersebut berlangsung hikmat untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Cobain! Ini 3 Film Bertema Kemerdekaan yang Wajib Ditonton Bulan Agustus

  • TrenAsia.com merangkum tiga film bertema kemerdekaan yang bisa ditonton saat 17 Agustus nanti.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2022 diperingati untuk mengenang perjuangan pahlawan melawan penjajahan dan membawa Indonesia merdeka hingga usianya memasuki 77 tahun. 

Untuk mengenang Kemerdekaan Indonesia, ada beragam cara yang bisa dilakukan salah satunya menonton film bertema kemerdekaan. Film dengan tema kemerdekaan yang bisa ditonton sudah bisa dinikmati di berbagai patform agar semakin mencintai Indonesia dan menghargai perjuangan pahlawan.

TrenAsia.com merangkum tiga film bertema kemerdekaan yang bisa ditonton saat 17 Agustus nanti.

Guru Bangsa Tjokroaminoto

Tjokroaminoto merupakan salah satu pahlawan Indonesia yang berjasa atas Kemerdekaan Indonesia. Film bertajuk Guru Bangsa Tjokroaminoto ini patut untuk ditonton untuk mengetahui perjuangan Tjokroaminoto dalam memperjuangkan pendidikan di Indonesia.

Film ini dirilis pada 2015 yang bertemakan perjuangan Indonesia yang digarap oleh Garin Nugroho. Mengisahkan guru bangsa yakni Tjokroaminoto yang berhasil menjadi pendidik bagi tokoh-tokoh pemimpin Indonesia.

Pada 2014 film ini memenangkan tifa katagori dari Festival Film Indonesia 2015 di antaranya Sinematografi Terbaik, Tata Artistik Terbaik, dan Tata Busana Terbaik.

Kartini

Nama Kartini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sosoknya amat dikenal bangsa karena perjuangannya atas hak-hak perempuan yang dulu masih dianggap tabu.

Kartini sebagai salah satu pahlawan yang dikenang di seluruh Indonesia akhirnya ceritanya diangkat sebagai film yang digarap oleh Sutradara Hanung Bramantyo.

Film Kartini dirilis pada 2017 yang menampilkan Kartini sebagai sosok pejuang emansipasi wanita dengan sikap yang lebih berani, kuat, dan cerdas sebagai perempuan.

Film ini juga meraih penghargaan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik dari Festival Film Indonesia 2017 yang diraih oleh Christine Hakim.

Bumi Manusia

Film Bumi Manusia garapan Sutradara Hanung Bramantyo ini merupakan adaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer.

Film ini mengisahkan cinta antara Minke dan Annelies yang hidup di tengah-tengah permasalahan sosial dan ketidakadilan selama masa penjajahan Belanja.

Film Bumi Manusia yang dibintangi Iqbal Ramadhan berhasil menyabet penghargaan pada 2020 di antaranya katagori Film Terpuji, Sutradara Terpuji, Pemeran Utama Pria Terpuji, dan Penuli SkenarioTerpuji pada gelaran Festival Film Bandung.