Pelaksanaan COP28 di Abu Dhabi.
Dunia

COP28: Negara Peserta Sepakat Beralih dari Bahan Bakar Fosil

  • Para wakil dari hampir 200 negara di KTT COP28 sepakat mulai mengurangi konsumsi bahan bakar fosil secara global guna mencegah dampak terburuk perubahan iklim. Kesepakatan pada hari Rabu, 13 Desember 2023, tersebut menandai bakal berakhirnya era minyak.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Para wakil dari hampir 200 negara di KTT COP28 sepakat mulai mengurangi konsumsi bahan bakar fosil secara global guna mencegah dampak terburuk perubahan iklim. Kesepakatan pada hari Rabu, 13 Desember 2023, tersebut menandai bakal berakhirnya era minyak. 

Kesepakatan yang dicapai di Dubai setelah dua pekan negosiasi yang sengit dimaksudkan untuk mengirimkan sinyal kuat kepada para investor dan pembuat kebijakan. Hal itu bahwa dunia bersatu untuk beralih dari bahan bakar fosil, sesuatu yang para ilmuwan sebut sebagai harapan terakhir untuk menghindari bencana iklim.

Presiden COP28 Sultan Al Jaber mengatakan kesepakatan tersebut sebagai sejarah. Namun dia menambahkan keberhasilannya yang sejati akan terlihat dalam implementasinya. “Kita adalah apa yang kita lakukan, bukan apa yang kita katakan,” katanya dalam rapat paripurna di KTT tersebut.

 “Kita harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengubah perjanjian ini menjadi tindakan nyata.” Beberapa negara mendukung kesepakatan itu karena mencapai sesuatu yang sulit dipahami dalam pembicaraan iklim selama beberapa dekade.

“Ini adalah pertama kalinya dunia bersatu di sekitar teks yang begitu jelas tentang perlunya beralih dari bahan bakar fosil,” ujar Menteri Luar Negeri Norwegia Espen Barth Eide, dikutip dari Reuters, Rabu, 13 Desember 2023. “Ini adalah ‘gajah’ di dalam ruangan. Akhirnya kita bahas langsung,” katanya.

Lebih dari 100 negara telah melobi keras untuk mendapatkan bahasa yang kuat dalam perjanjian COP28 guna menghapus penggunaan minyak, gas, dan batu bara. Tetapi, mereka menghadapi tentangan kuat dari kelompok produsen minyak OPEC yang dipimpin Arab Saudi.

Mereka berpendapat dunia dapat memangkas emisi tanpa menghindari bahan bakar tertentu. Pertarungan itu mendorong KTT tersebut menjadi lewat satu hari pada hari Rabu.

Anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) bersama-sama mengendalikan hampir 80% cadangan minyak terbukti dunia bersama dengan sekitar sepertiga dari produksi minyak global. Pemerintah mereka sangat bergantung pada pendapatan tersebut.

Negara-negara kecil yang rentan terhadap perubahan iklim adalah di antara pendukung paling vokal untuk menghentikan penggunaan bahan bakar fosil. Mereka mendapat dukungan besar dari produsen minyak dan gas besar seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Norwegia, bersama dengan blok Uni Eropa dan puluhan pemerintahan lainnya.

“Ini adalah momen di mana multilateralisme benar-benar Bersatu, dan orang-orang telah mengambil kepentingan individu dan berusaha untuk mendefinisikan kebaikan bersama,” kata utusan iklim AS John Kerry setelah kesepakatan itu diadopsi.

Seorang perwakilan untuk Alliance of Small Island States juga berpidato di pleno, mengeluh kesepakatan tersebut telah dibatalkan sebelum delegasinya tiba di ruangan itu, dan mengkritik teks tersebut sebagai tidak ambisius.

“Kami menyimpulkan bahwa koreksi arah yang dibutuhkan belum terjamin. Kami telah membuat kemajuan inkremental di atas keadaan biasa, padahal yang benar-benar kita butuhkan adalah perubahan tindakan secara eksponensial,” ujarnya.

Tapi, dia tidak secara resmi menolak pakta tersebut, dan pidatonya mendapat tepuk tangan meriah. Menteri Iklim dan Energi Denmark, Dan Jorgensen, kagum dengan situasi kesepakatan tersebut. “Kita berdiri di sini di negara minyak, dikelilingi oleh negara-negara minyak, dan kita membuat keputusan untuk menjauh dari minyak dan gas.”

Resistensi OPEC

Kesepakatan tersebut secara khusus menyerukan transisi dari bahan bakar fosil dalam sistem energi, dengan cara yang adil, teratur, dan adil. Sehingga dapat mencapai nol bersih pada tahun 2050 sesuai dengan ilmu pengetahuan.

Ini juga menyerukan peningkatan tiga kali lipat kapasitas energi terbarukan secara global pada tahun 2030, mempercepat upaya untuk mengurangi penggunaan batu bara, dan mempercepat teknologi seperti penangkapan dan penyimpanan karbon yang dapat membersihkan industri yang sulit didekarbonisasi.

Sekarang setelah kesepakatan tercapai, negara-negara bertanggung jawab untuk mewujudkannya melalui kebijakan dan investasi nasional.

Misalnya, di Amerika Serikat, produsen minyak dan gas terbesar di dunia dan penghasil gas rumah kaca terbesar dalam sejarah, pemerintah yang sadar iklim telah berjuang untuk mengesahkan undang-undang yang selaras dengan sumpah iklim mereka melalui Kongres yang terpecah secara politik.

Presiden AS Joe Biden mencetak kemenangan besar di bidang itu tahun lalu dengan pengesahan Undang-Undang Pengurangan Inflasi, yang berisi subsidi ratusan miliar dolar untuk kendaraan listrik, angin, tenaga surya, dan teknologi energi bersih lainnya.

Meningkatnya dukungan publik untuk energi terbarukan dan kendaraan listrik dari Brussel ke Beijing dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan peningkatan teknologi, penurunan biaya, dan meningkatnya investasi swasta juga mendorong pertumbuhan pesat dalam penerapannya.

Meski begitu, minyak, gas, dan batu bara masih menyumbang sekitar 80% dari energi dunia, dan proyeksi sangat bervariasi tentang kapan permintaan global akhirnya akan mencapai puncaknya.

Sekretaris Jenderal OPEC, Haitham Al Ghais, mengatakan dalam sebuah surat tertanggal 6 Desember kepada anggota OPEC dan sekutunya di COP28, dunia harus menargetkan emisi daripada bahan bakar fosil itu sendiri, mengumpulkan mereka untuk menentang kesepakatan apa pun yang menargetkan minyak.

Produsen minyak berpendapat, bahan bakar fosil dapat dibersihkan dari dampak iklimnya dengan menggunakan teknologi yang dapat menangkap dan menyimpan emisi karbon dioksida. Penangkapan karbon, bagaimanapun, mahal dan belum terbukti dalam skala besar.