<p>Obisitas/foto: Athletic Lab</p>
Gaya Hidup

COVID-19 Membuktikan Bagaimana Obesitas Merugikan Tubuh secara Real Time

  • JAKARTA-Pandemi COVID-19 telah membuat epidemi obesitas sekali lagi menjadi sorotanyang  mengungkapkan bahwa kegemukan bukan lagi kondisi yang merugikan hanya dalam jangka panjang tetapi dapat memiliki efek yang sangat merusak. Dalam berita terbaru, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika melaporkan bahwa 73% pasien yang dirawat di rumah sakit karena COVID-19 mengalami obesitas. Selain itu, sebuah penelitian […]

Gaya Hidup
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Pandemi COVID-19 telah membuat epidemi obesitas sekali lagi menjadi sorotanyang  mengungkapkan bahwa kegemukan bukan lagi kondisi yang merugikan hanya dalam jangka panjang tetapi dapat memiliki efek yang sangat merusak.

Dalam berita terbaru, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika melaporkan bahwa 73% pasien yang dirawat di rumah sakit karena COVID-19 mengalami obesitas. Selain itu, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa obesitas dapat mengganggu keefektifan vaksin COVID-19.

Obesitas berkorelasi dengan respons imun yang tumpul terhadap COVID-19, dan para peneliti khawatir hal itu juga dapat menumpulkan kemanjuran vaksin.

“Saya seorang spesialis obesitas dan dokter klinis yang bekerja di garis depan obesitas dalam perawatan primer di Sistem Kesehatan Universitas Virginia. Di masa lalu, saya sering mendapati diri saya memperingatkan pasien saya bahwa obesitas dapat merenggut waktu bertahun-tahun dari hidup mereka. Sekarang, lebih dari sebelumnya, peringatan ini menjadi dapat diverifikasi,” tulis Cate Varney, Clinician Physician di University of Virginia dalam artikelnya di The Conversation

Dia menambahkan awalnya dokter percaya bahwa obesitas hanya meningkatkan risiko menjadi lebih sakit dari COVID-19, bukan peluang Anda untuk terinfeksi. Sekarang, analisis yang lebih baru menunjukkan bahwa obesitas tidak hanya meningkatkan risiko menjadi lebih sakit dan meninggal akibat COVID-19. “Obesitas meningkatkan risiko Anda terinfeksi,” tegasnya.

Pada Maret 2020, studi observasi mencatat hipertensi, diabetes, dan penyakit arteri koroner sebagai kondisi lain yang paling umum  pada pasien dengan penyakit COVID-19 yang lebih parah. Tetapi editor jurnal Obesity-lah yang pertama kali memberi peringatan pada 1 April 2020 bahwa obesitas kemungkinan besar akan terbukti menjadi faktor risiko independen untuk efek infeksi COVID-19 yang lebih parah.

Selain itu, dua penelitian yang melibatkan hampir 10.000 pasien telah menunjukkan bahwa pasien yang mengidap COVID-19 dan obesitas memiliki risiko kematian yang lebih tinggi pada hari ke 21 dan 45 dibandingkan dengan pasien dengan indeks massa tubuh normal.

Dan sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan September 2020 melaporkan tingkat obesitas yang lebih tinggi pada pasien COVID-19 yang sakit kritis dan memerlukan intubasi. “Hal ini menjadi sangat jelas. Dari penelitian ini dan penelitian lainnya bahwa mereka yang mengalami obesitas menghadapi bahaya yang benar-benar nyata,” tambahnya.

Kurangnya Pemahaman

Obesitas adalah penyakit yang menarik. Ini adalah salah satu yang dibicarakan oleh banyak dokter, seringkali dengan frustrasi karena pasien mereka tidak dapat mencegah atau membalikkannya dengan rencana pengobatan yang terlalu disederhanakan yang telah diajarkan kepada kita dalam pelatihan awal; “Makan lebih sedikit dan olahraga lebih banyak.”

Ini juga merupakan penyakit yang menyebabkan masalah fisik, seperti sleep apnea dan nyeri sendi. Selain itu juga mempengaruhi pikiran dan jiwa seseorang karena bias masyarakat dan profesionalitas terhadap mereka yang mengalami obesitas.

“Kami para dokter dan peneliti telah cukup lama memahami konsekuensi jangka panjang dari kelebihan berat badan dan obesitas. Saat ini kami menyadari bahwa obesitas dikaitkan dengan setidaknya 236 diagnosis medis, termasuk 13 jenis kanker. Obesitas dapat menurunkan umur seseorang hingga delapan tahun,” tambah Varney.

Obesitas dalam Kasus COVID-19

Lalu bagaimana kjika ada benturan epidemi obesitas dan pandemi COVID-19? Menurut Varney jaringan adiposa berlebih, yang menyimpan lemak, menciptakan kompresi mekanis pada pasien obesitas. Hal ini membatasi kemampuan mereka untuk mengambil dan melepaskan napas penuh.

Pernapasan membutuhkan lebih banyak pekerjaan pada pasien dengan obesitas. Ini menciptakan penyakit paru-paru restriktif, dan dalam kasus yang lebih serius, menyebabkan sindrom hipoventilasi, yang dapat menyebabkan seseorang memiliki terlalu sedikit oksigen dalam darahnya.

Obesitas menyebabkan kelebihan jaringan adiposa, atau yang biasa kita sebut “lemak”. Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah mempelajari bahwa jaringan adiposa itu sendiri berbahaya. Orang mungkin mengatakan bahwa jaringan adiposa bertindak sebagai organ endokrinnya sendiri. “Ini melepaskan banyak hormon dan molekul yang menyebabkan keadaan peradangan kronis pada pasien dengan obesitas,” terang Varney.

Ketika tubuh berada dalam keadaan peradangan tingkat rendah yang konstan, tubuh melepaskan sitokin, protein yang melawan peradangan. Mereka menjaga tubuh tetap waspada, mendidih dan siap melawan penyakit. Itu semua baik dan bagus ketika mereka terus diperiksa oleh sistem dan sel lain. “Namun, ketika dilepaskan secara kronis, ketidakseimbangan dapat terjadi yang menyebabkan cedera pada tubuh.”

COVID-19 menyebabkan tubuh membuat kebakaran sitokin lain. Ketika seseorang yang mengalami obesitas terjangkit COVID-19, dua kebakaran sitokin kecil datang bersamaan, yang menyebabkan amukan api peradangan yang bahkan lebih merusak paru-paru daripada pasien dengan berat normal.

Selain itu, keadaan peradangan kronis ini dapat menyebabkan sesuatu yang disebut disfungsi endotel. Dalam kondisi ini, alih-alih membuka, pembuluh darah menutup dan menyempit, yang selanjutnya menurunkan oksigen ke jaringan.

Selain itu, peningkatan jaringan adiposa mungkin memiliki lebih banyak ACE-2, enzim yang memungkinkan virus corona menyerang sel dan mulai merusaknya. Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan hubungan peningkatan ACE-2 di jaringan adiposa daripada jaringan paru-paru.

Temuan ini semakin memperkuat hipotesis bahwa obesitas memainkan peran utama dalam infeksi COVID-19 yang lebih serius. Jadi secara teori, jika Anda memiliki lebih banyak jaringan adiposa, virus dapat mengikat dan menyerang lebih banyak sel, menyebabkan viral load lebih tinggi yang bertahan lebih lama, yang dapat membuat infeksi lebih parah dan memperpanjang pemulihan.

“ACE-2 dapat membantu menangkal peradangan, tetapi jika terikat dengan COVID-19, ACE-2 tidak dapat membantu mengatasi hal ini,” katanya.