<p>Gunung Cheyenne </p>

COVID-19 Paksa Amerika dan Israel Aktifkan Bunker Kiamat

  • Colorado-Amerika dan Isreal telah mengaktifkan bunker penting mereka yang akan berfungsi untuk tetap menjalankan pemerintahan jika terjadi bencana besar, termasuk perang nuklir. Tetapi bukan ancaman senjata pemusnah massal yang menyebabkan pengaktifan fasilitas tersebut, tetapi wabah COVID-19. Pemerntah Amerika telah dengan mengaktifkan kompleks bawah tanah Gunung Cheyenne dan instalasi keras lainnya ketika virus menyebar di populasi […]

Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

Colorado-Amerika dan Isreal telah mengaktifkan bunker penting mereka yang akan berfungsi untuk tetap menjalankan pemerintahan jika terjadi bencana besar, termasuk perang nuklir. Tetapi bukan ancaman senjata pemusnah massal yang menyebabkan pengaktifan fasilitas tersebut, tetapi wabah COVID-19.

Pemerntah Amerika telah dengan mengaktifkan kompleks bawah tanah Gunung Cheyenne dan instalasi keras lainnya ketika virus menyebar di populasi Amerika dan militer Amerika Serikat.

War Zone mengutip Jenderal Terrence O’Shaughnessy, Komandan Northern Command (Northcom) atau Komando Utara melaporkan  telah menyebar tim-tim komando dan kontrol penting ke beberapa lokasi yang dilindungi termasuk kompleks bunker Gunung Cheyenne yang terkenal di Colorado, serta situs lain yang tidak ditentukan. Para personel yang dikirim diisolasi untuk memastikan mereka dapat terus mengawasi sepanjang waktu potensi ancaman terhadap negara karena pandemi COVID-19 terus berkembang.

Gunung Cheyenne adalah situs komando dan kontrol yang terlindung, yang sebagian besar terletak di dalam gunung di luar Colorado Springs. Antara 1965 dan 2006, kompleks ini berfungsi sebagai pusat komando dan kontrol utama NORAD. Tempat ini juga rumah bagi Komando Antariksa Amerika antara tahun 1985 dan 2002.

Komando Utara dan NORAD terus menggunakan Gunung Cheyenne untuk fungsi-fungsi lain termasuk memantau rudal balistik yang masuk dan melacak objek di luar angkasa, dan fasilitasnya telah menerima sejumlah peningkatan selama dekade terakhir. Tempat ini akan aman dari gelombang ledakan nuklir hingga akan tetap berfungsi sebagai pusat komando. Inilah kenapa tempat semacam ini juga kerap disebut sebagai bunker kiamat.

Pusat Managemen Nasional Israel

Pusat Managemen Nasional Israel

Sementara itu Israel juga telah mengaktifkan Pusat Managemen Nasional atau National Management Center (NMC), sebuah bunker yang terlihat seperti di film fiksi ilmiah. Fasilitas ini berfungsi sebagai situs komando dan kontrol yang sangat aman bagi para pejabat tinggi Israel sehingga mereka dapat terus menjalankan negara selama krisis besar.

Pengaktifan Pusat Manajemen Nasional adalah hasil dari meningkatnya jumlah kasus COVID-19 di negara ini dan potensi ketidakstabilan dan implikasi strategis yang dapat terjadi seiring dengan merebaknya wabah tersebut.

NMC agak unik karena keberadaannya tidak sangat tertutup dan jelas tidak terlalu low profile dalam hal penampilan atau lokasinya.  Terletak di dekat Knesset (Parlemen Israel), Kementerian Luar Negeri, Kantor Perdana Menteri, Mahkamah Agung dan fasilitas pemerintah utama lainnya di bagian National Quarter di Yerusalem, instalasi futuristik dibangun setelah Perang Lebanon 2006, yang menyaksikan hujan roket hujan di Israel utara.

Media Israel Yedioth Ahronoth melaporkan bahwa 95% dari bunker berada di bawah tanah, dan satu-satunya pintu masuk adalah melalui lift. Laporan yang mengutip sumber itu menyebutkan bahwa elevator memberikan nuansa “Sci-Fi”  dan bahwa bunker itu benar-benar membuat pengunjung merasa benar-benar terputus dari dunia.

Bunker dibangun untuk menampung pusat manajemen krisis nasional Israel, dan berfungsi sebagai tempat dari mana pemerintah Israel dapat dengan aman memerintah Israel dalam keadaan darurat.

Meskipun kompleks bawah tanah dirancang terutama untuk mendukung operasi krisis dan untuk memastikan kelangsungan operasi pemerintah, tempat ini juga telah digunakan untuk pertemuan yang sangat sensitif dalam beberapa tahun terakhir.

Media Israel pada Senin 30 Maret 2020 lalu melaporkan Kabinet Keamanan Israel, sebuah forum menteri senior yang dipimpin oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,  mulai mengadakan pertemuan mingguannya di bunker bawah tanah yang aman di Yerusalem.

Fasilitas tersebut pertama kali digunakan oleh Kabinet Keamanan pada 2011 untuk melatih skenario krisis nasional.

Fasilitas ini diaktifkan sebagai bagian dari rencana darurat untuk menghadapi krisis COVID-19. “Ini (bunker) adalah alat lain untuk mengelola, mengendalikan, mengawasi dan melacak coronavirus,” kata seorang pejabat sebagaiaman dikutip Ynetnews. “Kami memahami bahwa krisis ini akan menemani kami untuk waktu yang lama.”

Tentu saja, tidak berarti pemerintah Israel telah melakukan lockdown bawah tanah, tetapi menjaga sekelompok orang penting untuk dikarantina agar tidak tertular penyakit.