CrediBook meluncurkan toko grosir onlline CrediMart untuh memudahkan UMKM toko dan warung belanja kebutuhan dagang secara daring, Rabu 1 September 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Fintech

CrediBook Catat Kenaikan Omzet Harian Mitra UMKM Naik Hingga 50 Persen

  • Start up pembukuan digital, CrediBook mencatat kenaikan omzet mitra UMKM hingga 50% sejak menggunakan aplikasi
Fintech
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Start up pembukuan digital, CrediBook mencatat kenaikan omzet mitra UMKM hingga 50% sejak menggunakan aplikasi. 

CEO & Co-Founder CrediBook Gabriel Frans menyatakan, capaian tersebut tidak terlepas dari upaya edukasi dan pendampingan. 

“Kami secara konsisten melakukan pelatihan serta pendampingan UMKM di berbagai kabupaten dan kota,” kata Gabriel dalam keterangan resmi, Senin 27 Desember 2021.

Sepanjang 2021, CrediBook melakukan 80 upaya edukasi baik secara offline dan online seperti edukasi melalui pelatihan, media sosial, dan lainnya guna meningkatkan literasi digital dan keuangan secara bersamaan. 

Fakta uniknya, CrediBook merekam sebanyak 45% UMKM mitra berada di kota tier 2 dan 3. Begitu juga dengan layanan grosir digital CrediMart, di mana 50% wilayah operasional berada di wilayah kabupaten. 

“Ini membuktikan bahwa UMKM daerah juga mau terbuka dengan digitalisasi, tidak kalah dengan UMKM di kota-kota besar,” ujar dia. 

Sebagai contoh, Zaenal, pedagang pulsa di Pekalongan, Jawa Tengah, mengaku terbantu dalam mendapatkan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) karena memiliki catatan keuangan yang rapi. 

“Di aplikasi CrediBook saya bisa buat laporan keuangan dalam waktu kurang dari 5 menit. Saya lampirkan laporan keuangan usaha 3 bulan terakhir dari CrediBook saat mengajukan KUR dan nggak sampai lima hari pengajuan saya cair,” jelas Zaenal.

Sementara itu, Lamhot Sihaloho, pemilik toko grosir di Kabupaten Bandung juga mengatakan, aplikasi ini membantunya mendapatkan dashboard digital untuk memantau pesanan pelanggan. Sehingga, digitalisasi membantu omzet hariannya tumbuh dan memudahkan pengelolaan toko.