NFT
Fintech

CryptoPunk Laku Rp252 Miliar, NFT Bangkit Dari Tidur?

  • JAKARTA - Sebuah karya digital berbasis kripto, CryptoPunk kembali menarik minat pembeli. Karya yang dinamai Alien Punk itu dikabarkan laku terjual hingga 4500
Fintech
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Sebuah karya digital berbasis kripto, CryptoPunk kembali menarik minat pembeli. Karya yang dinamai Alien Punk itu dikabarkan laku terjual hingga 4500 etherum pada Senin, 4 Maret 2024 waktu setempat.

Pada saat transaksi, harga etherum tercatat sebesar US$3.356 per tokennya. Artinya, total transaksi untuk Alien Punk mencapai kisaran US$16 juta atau kisaran Rp252 Miliar. Transaksi ini menjadi transaksi NFT terbesar kedua sepanjang masa.

Sebelum terjual, Open Sea yang merupakan pengelol market NFT  karya Alien Punk ditawar seharga 4,250 ether, atau sekitar US$14,5 juta. Menurut catatan lain,  NFT CryptoPunk lainnya baru-baru ini terjual sekitar 60 ether, atau lebih dari US$200,000.

Adapun  total volume perdagangan  untuk koleksi tersebut tercatat telah mencapai US$8,25 juta pada minggu lalu.

Kilas Balik Karya Digital

Transaksi besar terbaru bisa jadi titik balik  masa kejayaan puncak koleksi digitalpasar. Pada satu titik, pasar NFT menghasilkan volume perdagangan bulanan sekitar US$2,8 miliar, dan koleksi seperti CryptoPunks dan Bored Apes secara rutin terjual jutaan dolar kepada selebriti.

Namun, pada  September lalu, sejumlah penemuan mengatakan bahwa  95% pasar NFT mungkin tidak berharga.

Sayangnya, selera risiko kripto kembali meningkat. Penjualan NFT senilai US$16 juta bulan ini terjadi bersamaan dengan reli baru menuju level tertinggi sepanjang masa sebesar US$69,000 untuk bitcoin. 

Token ini hampir mencapai kembali tingkat harga yang terakhir terlihat ketika suku bunga mendekati nol, karena permintaan dari ETF bitcoin dan peristiwa halving yang akan datang menutupi kekhawatiran tentang suku bunga yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama. 

Nilai Ether sendiri diketahui telah naik 51% tahun ini, mengikuti kenaikan bitcoin sebesar 50,6% .