<p>Elon Musk</p>
Fintech

Cuitan Elon Musk soal Kripto Buat Nilai Bitcoin Merangkak Naik

  • Cuitan itu pun menumbuhkan sentimen positif pada aset kripto, termasuk Bitcoin yang nilainya mulai merangkak naik pada hari ini, Selasa, 15 Maret 2022.
Fintech
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA – CEO Tesla Inc Elon Musk membuat cuitan di Twitter yang menyatakan dirinya tidak akan menjual aset kripto yang saat ini dimilikinya. Cuitan itu pun menumbuhkan sentimen positif pada aset kripto, termasuk Bitcoin yang nilainya mulai merangkak naik pada hari ini, Selasa, 15 Maret 2022. 

Dalam rangkaian cuitannya, Elon Musk mengungkapkan bahwa Tesla dan SpaceX melihat adanya tekanan inflasi yang signifikan karena ketegangan Rusia-Ukraina

Ia pun menyisipkan tautan berita dari Financial Times yang menginformasikan soal kenaikan harga komoditas global yang mencetak rekor tertinggi dalam kurun waktu lebih dari 50 tahun. 

Pada umumnya, saat inflasi terjadi secara besar-besaran, investor akan menjual aset yang berisiko, termasuk mata uang kripto. Lantas, kebanyakan investor akan beralih ke aset fisik atau safe haven yang dinilai lebih aman. 

Meski demikian, Elon Musk menegaskan bahwa dirinya tidak akan menjual aset kripto yang saat ini dimilikinya seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), dan Dogecoin (DOGE). 

“Untuk Anda yang mencari saran dari utasan ini, pada umumnya akan lebih baik untuk memiliki aset fisik seperti rumah atau saham di perusahaan yang menurut Anda dapat menghasilkan produk yang bagus ketimbang dolar saat inflasi sedang tinggi. Saya masih memiliki aset kripto dan tidak akan menjual Bitcoin, Ethereum, atau Doge,” ujar Elon Musk dalam cuitannya, Senin, 14 Maret 2022. 

Cuitan Elon Musk yang menegaskan dirinya tidak akan menjual aset kripto miliknya di tengah tekanan inflasi yang terjadi pun berdampak positif pada kenaikan harga Bitcoin dan beberapa mata uang kripto lainnya. 

Berdasarkan pantauan Coin Market Cap, Selasa, 15 Maret 2022 pukul 12.00 WIB, Bitcoin (BTC) mengalami kenaikan sebesar 0,72% dan saat ini menduduki harga US$38.794 atau setara dengan Rp555,8 juta dalam asumsi kurs Rp14.328 perdollar AS. Kapitalisasi pasar BTC pun terpantau mengalami kenaikan 2,28% ke angka US$736,5 miliar (Rp10.552 triliun). 

Elon Musk memang dikenal sebagai tokoh yang cukup berpengaruh dalam industri kripto. Cuitannya yang berdampak kepada pergerakan harga kripto pun bukan pertama kalinya terjadi. Ia bahkan sempat dijuluki sebagai “Dogefather” dari Dogecoin (DOGE). Mata uang kripto itu pernah mengalami lonjakan hingga 5000% pada 2021 karena cuitan Elon Musk.