Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (kanan) menyambut kehadiran striker Timnas Argentina, Alejandro Garnacho, dan rombongan di Jakarta pekan lalu.
Gaya Hidup

Cukup Imbangi Argentina, Erick Thohir Bakal Guyur Bonus Tim Garuda

  • PSSI menjanjikan bonus pada Timnas Indonesia jika mampu menahan imbang Timnas Argentina dalam FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—PSSI menjanjikan bonus pada Timnas Indonesia jika mampu menahan imbang Timnas Argentina dalam FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin 19 Juni 2023. Pemberian bonus diharapkan memberikan motivasi tambahan bagi Tim Garuda untuk tampil all out. 

Duel Indonesia dengan Argentina memang bak David melawan Goliath. Merah Putih masih tertahan di posisi 149 FIFA, sedangkan Argentina kokoh di posisi 1 FIFA dan baru saja menjuarai Piala Dunia 2022. 

PSSI pun sudah cukup puas apabila Timnas mampu menahan Argentina. “Kalau imbang nanti akan dapat bonus. Kapan lagi draw dapat bonus kan,” ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dalam konferensi pers akhir pekan lalu, dikutip Senin 19 Juni 2023. 

Erick pun menjanjikan bonus ekstra besar apabila Asnawi Mangkualam dkk. mampu menjinakkan La Albiceleste. Meski sangat tipis, Indonesia masih berpeluang memenangi laga. Apalagi mereka bakal tampil di hadapan suporternya. 

Pelatih Timnas, Shin Tae-yong, juga memiliki rekor apik saat menghadapi tim Amerika Latin. Saat menangani Korea Selatan periode 2014 hingga 2018, Shin mampu mencatat dua kemenangan, satu imbang dan satu kali kalah. Kemenangan diraih atas Venezuela (3-1) dan Kolombia (2-1). 

Di sisi lain, Argentina bakal tampil tanpa tiga bintangnya yakni Lionel Messi, Angel Di Maria dan Nicolas Otamendi. “Kalau menang, wah bonusnya akan lebih luar biasa,” ujar Erick tanpa merinci besaran bonus tersebut.

Meski turun tanpa tiga pemain kuncinya, kekuatan Argentina masih jauh di atas Indonesia. Mereka masih memiliki pemain sekaliber Enzo Fernandez, Julian Alvarez, Alexis Mac Allister hingga Emiliano Martinez yang akan menyulitkan Tim Garuda. 

Jokowi Nonton 

Namun Erick mewanti-wanti Timnas tak silau dengan nama besar Argentina. Erick meminta Pratama Arhan dkk. menunjukkan skill dan mentalitas yang tepat. “Saya ingin para pemain fight dan tunjukan kemampuan terbaik di kandang sendiri,” ujar Erick.

Indonesia bermain cukup apik dalam FIFA Matchday sebelumnya melawan Palestina, Rabu 14 Juni 2023. Sayang laga tersebut harus berakhir 0-0 lantaran sejumlah peluang emas yang gagal dikonversi menjadi gol. Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menyaksikan langsung pertandingan Indonesia vs Argentina. 

Kepastian itu disampaikan Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin. “Sore hari nanti Insyaallah bapak Presiden akan menonton,” ujarnya. Bey menambahkan Jokowi rencananya juga akan bertemu pemain Indonesia dan Argentina.