Curug Cipendok
Destinasi & Kuliner

Curug Cipendok, Rekomendasi Destinasi Wisata di Pinggiran Purwokerto

  • Objek wisata alam bertemakan air ini belakangan banyak diulas di berbagai media sosial hingga saluran kanal Youtube.
Destinasi & Kuliner
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Nama Curug Cipendok tidak asing didengar sebagai salah satu destinasi wisata di sekitaran Purwokerto. Objek wisata alam bertemakan air ini belakangan banyak diulas di berbagai media sosial hingga saluran kanal Youtube. 

Curug atau air terjun ini menjadi pilihan wisata di sekitar Purwokerto selain kawasan Baturraden yang telah mahsyur dikenal orang. Lokasi Curug Cipendok berada di kawasan kaki Gunung Slamet menjadikan hawa di kawasan ini terasa sejuk dan asri. 

Curug ini memiliki ketinggian mencapai 92 meter dengan aliran air yang cukup deras mengalir menjadi magnet bagi pengunjung yang berwisata. Meski musim kemarau, kawasan sekitar curug ini tetap terlihat hijau segar. 

Tidak hanya itu debit air yang mengalir di curug tersebut tetap deras. Derasnya air yang jatuh dari atas curug menciptakan percikan-percikan air seakan terjadi gerimis di lokasi curug itu berada. 

Meski mengalir cukup deras, wisatawan masih dapat menikmati bermain air di sungai bawah curug tersebut. Airnya cukup jernih dan dingin khas dari sumber pegunungan. Pada sekeliling curug terdapat tebing yang mengelilingi dengan ditumbuhi berbagai tumbuhan perdu.

Selain menawarkan wisata bermain air di sungai bawah curug, objek wisata ini juga menawarkan spot lokasi foto yang cukup eksotis. Terdapat dua lokasi foto yang berada di atas dan di bawah dekat sungai. 

Spot foto di bagian atas seperti tempat pandang dengan menghadap langsung ke arah curug. Kemudian apabila ingin melihat dan berfoto dari dekat, wisawatan dapat turun ke bawah dimana terdapat tempat yang disediakan untuk berfoto juga.

Soal fasilitas terdapat kamar mandi, mushola, tempat bermain, gazebo hingga warung yang menjajakan makanan. Lokasinya berada di atas curug dekat dengan parkiran kendaraan. Tempat warung makan tersebut berada cukup apik pasalnya terdapat rumput yang dirawat sehingga nampak seperti karpet hijau.

Cara Menuju Lokasi

Objek wisata Curug Cipendok secara administratif berada di Dusun II Lebaksiu, Karanganyar, Karangtengah, Kec. Cilongok, Kabupaten Banyumas. Dari pusat Kota atau Stasiun Purwokerto curug ini berjarak kurang lebih 23-25 kilometer via jalur Jipang-Karangsari-Lebaksiu. Dari Stasiun Purwokerto wisatawan dapat mengambil jalan ke arah barat. 

Kemudian sesampainya di pertigaan sebelum jembatan Mengaji, wisatawan belok ke arah utara dan mengikuti jalan hingga bertemu pertigaan di dekat Stasiun Karangsari. Sesampainya disitu wisatawan belok ke arah kanan dan kemudian mengikuti jalan. Sepanjang rute menuju curug tersebut terdapat papan penunjuk arah yang memudahkan wisatawan.

Sebagai catatan, jalan menuju Curug Cipendok relatif halus namun terdapat beberapa tanjakan yang cukup tinggi. Perlu diperhatikan kondisi kendaraan apabila hendak berwisata ke lokasi tersebut. 

Bagi pengguna motor matic, diharapkan untuk berhenti dahulu sebelum melintas di beberapa lokasi tanjakan curam tersebut saat sedang turun agar tidak terjadi rem blong akibat cakram yang terlalu panas.

Sesampainya di gerbang masuk, wisatawan akan dikenai tarif senilai Rp10.000 per orang. Dari loket menuju parkiran masih ada jarak kurang lebih 1 kilometer dengan kondisi jalan yang mulus serta kanan kirinya terdapat pepohonan yang estetik untuk berfoto. Memasuki parkiran wisatawan akan ditarik biaya parkir Rp3.000.

Dari parkiran menuju curug wisatawan harus berjalan kaki kurang lebih 300 hingga 350 meter melalui medan yang naik turun. Perlu diingat bahwa wisatawan harus berhati hati ketika berjalan menuju curug sebab terkadang ada bebatuan licin di jalan tersebut. 

Selain itu wisatawan harus mempersiapkan tenaga dan air minum agar tidak kecapaian saat naik turun menuju lokasi curug.