Tesla Cybertruck
Transportasi dan Logistik

Cybertruck, Truk Listrik Tesla yang Bisa Dipesan Meski Belum Rilis di Pasaran

  • Cybertruck adalah truk pertama yang memiliki empat pintu dengan bak setinggi enam kaki dan muat di garasi berukuran 20 kaki.

Transportasi dan Logistik

Rizanatul Fitri

JAKARTA – Tesla Cybertruck merupakan truk listrik yang menggunakan kaca super kuat dan komposit berlapis polimer untuk menyerap dan mengalihkan kekuatan benturan guna meningkatkan kinerja dan toleransi terhadap kerusakan.

Dikutip dari laman Tesla, Selasa 29 Agustus 2023, truk ini menawarkan kerangka luar yang tidak bisa ditembus karena setiap komponen dirancang ntuk kekuatan dan daya tahan yang unggul dengan struktur kulit baja tahan karat. 

Pihak Tesla juga menyebut kendaraan satu ini dapat berakselerasi dari 0-60 mph hanya dalam 2,9 detik dengan jangkauan hingga 500 mil.

Beberapa waktu lalu, Elon Musk sempat mencoba truk listrik ini dan membagikan momennya di X. Elon Musk mengatakan Cybertruck adalah truk pertama yang memiliki empat pintu dengan bak setinggi enam kaki dan muat di garasi berukuran 20 kaki.

Menurutnya, truk ini bukanlah mobil kecil karena ada satu elemen desain yang bagus, yakni bagian dalamnya terasa lebih besar dibandingkan tampilan luarnya. Dikutip dari Fox Bussines, meski pengumuman awal peluncuran Cybertruck pada 2019 tidak sesuai rencana karena insiden jendela retak. 

Namun kendaraan ini sangat dinantikan kehadirannya dan diperkirakan akan mengguncang bisnis truk yang secara otomatis menguntungkan Tesla. Meski Tesla belum dipasarkan secara luas, perusahaan mengizinkan calon pembeli membayar US$100 atau sekitar Rp1,5 juta (asumsi kurs Rp15.253 per dolar AS) untuk memesan Cybertruck di masa depan dengan taksiran biaya awal sekitar US$50.000 atau sekitar Rp763 juta.

Menurut perusahaan riset otomotif Kelley Blue Book, sebenarnya harga Cybertruck belum tersedia, bahkan Tesla belum mengumumkan detail spesifik dan tanggal resmi pengiriman awal truk ini ke dealer.

Meski demikian, saham Tesla terus menguat dan tercatat pada tahun ini menguat 93% juah di depan kenaikan Standard & Poor’s 500 atau S&P 500 sebesar 15%. Gimana, tertarik memesan Cybertruck?