Jajaran pemain terbaik yang terpilih dalam penghargaan FIFPro Men’s World XI 2022 di Paris, Selasa 28 Februari 2023 dini hari WIB.
Dunia

Daftar 11 Pemain Terbaik FIFA FIFPro 2022, Ronaldo Terlempar

  • FIFA telah mengumumkan 11 pemain terbaik dalam penghargaan FIFPro Men’s World XI 2022.
Dunia
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—FIFA telah mengumumkan 11 pemain terbaik dalam penghargaan FIFPro Men’s World XI 2022. Hasil tersebut diumumkan di malam penghargaan The Best FIFA Awards 2022 yang berlangsung di Paris, Prancis, Selasa 28 Februari 2023 dini hari WIB. 

Pemain Terbaik FIFA 2022, Lionel Messi, masuk menjadi salah satu pemain terbaik dalam FIFPro Men’s World XI. Kelayakan Messi tak diragukan setelah dia sukses merebut Piala Dunia 2022 bersama Argentina. Namun ada pula pemain yang gagal lolos ke Piala Dunia 2022 tapi tetap masuk dalam jajaran 11 pemain terbaik. 

Yang menarik, tidak ada nama Cristiano Ronaldo dalam 11 pemain terbaik FIFA FIFPro 2022. Ini kali pertama Ronaldo gagal masuk dalam jajaran pemain terbaik ajang tersebut sejak 2007. Berikut daftar 11 pemain terbaik FIFPro 2022:  

Kiper

Thibaut Courtois (Real Madrid/Belgia)

Terpilihnya Thibaut Courtois ke jajaran 11 terbaik bisa dibilang mengejutkan mengingat dia kalah bersaing dengan Emiliano Martinez sebagai kiper terbaik FIFA 2022. Namun konsistensi Courtois di level klub tampaknya membuat dia menjadi yang terdepan di ajang ini. 

 

Belakang

Achraf Hakimi (Paris Saint-Germain/Maroko)

Hakimi melesat setelah mampu membawa Maroko melaju hingga semifinal Piala Dunia 2022. Maroko pun menjadi tim Afrika pertama yang sukses mencapai empat besar ajang bergengsi dunia tersebut. 

Virgil van Dijk (Liverpool/Belanda)

Kemampuan bertahan Van Dijk ternyata masih diakui dunia. Meskipun performanya belakangan menurun, kualitas individunya masih tergolong level teratas. 

Joao Cancelo (Bayern Munich/Portugal)

Keberhasilan Cancelo masuk jajaran 11 terbaik tak lepas dari penampilan impresifnya bersama Mancheser City. Sejak Januari 2023, Cancelo menjalani masa peminjaman di Bayern Munich. 

 

Tengah

Kevin de Bruyne (Manchester City/Belgia)

De Bruyne memang gagal membawa Belgia perkasa di Piala Dunia 2022. Namun sang pemain sangat konsisten di level klub. Dia adalah motor permainan Manchester City dalam beberapa tahun terakhir.  

Casemiro (Manchester United/Brasil)

Keputusan Casemiro pindah ke Manchester United pada awal musim 2022/2023 sempat dipertanyakan. Namun sang gelandang mampu menjawab keraguan tersebut dengan konsistensi penampilan bersama United. Casemiro bahkan sukses mempersembahkan gelar pertama bagi MU sejak tahun 2017 dengan menjuarai Piala Liga belum lama ini. 

Luka Modric (Real Madrid/Kroasia)

Makin tua makin jadi. Ungkapan itu tampaknya pas menggambarkan Luka Modric. Di usianya yang menginjak 37 tahun, dia masih sangat energik di tengah lapangan. Kontribusinya sangat krusial bagi Real Madrid maupun Timnas Kroasia.  

 

Depan

Lionel Messi (Paris Saint-Germain/Argentina)

Tak ada yang meragukan nama Messi masuk dalam jajaran ini. Predikatnya sebagai pemain terbaik semakin paripurna setelah dia menjuarai Piala Dunia 2022 bersama Argentina. 

Karim Benzema (Real Madrid/Prancis)

Publik Prancis sempat patah hati setelah Benzema gagal terbang ke Piala Dunia 2022 karena cedera. Meski gagal tampil di Piala Dunia, Benzema masih diakui sebagai salah satu pemain terbaik berkat penampilannya yang ganas bersama Real Madrid. 

Erling Haaland (Manchester City/Norwegia)

Norwegia boleh saja tak lolos ke Piala Dunia 2022. Namun hal itu tak membuat Erling Haaland kehilangan tempatnya di jajaran pemain terbaik. Haaland adalah mesin gol. Jumlah golnya di Liga Premier saat ini (27) bahkan jauh meninggalkan jumlah gol tim Everton (17).

Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain/Prancis)

Kylian Mbappe sukses bersinar di usianya yang masih menginjak 24 tahun. Di usianya yang masih muda, Mbappe sudah mencapai final dua kali. Penampilannya di tataran klub juga sangat stabil sejauh ini. Jika terus konsisten, bukan tak mungkin Mbappe bakal selevel Messi beberapa tahun mendatang.