Sejumlah angkutan umum menunggu penumpang di terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, Selasa, 6 September 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Transportasi dan Logistik

Daftar 29 Rute JakLingko yang Tidak Beroperasi Imbas Aksi Demonstrasi

  • Ratusan kendaraan JakLingko terparkir di area sekitar Balai Kota Jakarta. Sementara itu, para sopir mengadakan aksi demonstrasi di depan Balai Kota Jakarta, Selasa, 30 Juli 2024. Mereka menuntut sejumlah kebijakan-kebijakan yang dinilai tidak adil.

Transportasi dan Logistik

Distika Safara Setianda

JAKARTA - Ratusan kendaraan JakLingko terparkir di area sekitar Balai Kota Jakarta. Sementara itu, para sopir mengadakan aksi demonstrasi di depan Balai Kota Jakarta, Selasa, 30 Juli 2024. Mereka menuntut sejumlah kebijakan-kebijakan yang dinilai tidak adil.

Kendaraan tidak bergerak karena beberapa ruas jalan ditutup, terutama jalur menuju Balai Kota Jakarta dari Tugu Tani. Penutupan ini disebabkan keberadaan para demonstran yang berbaris dan mengadakan aksi.

Kasat Lantas Polrestro Jakpus Kompol Gomos Simamora membenarkan adanya penutupan jalan. Dia mengerahkan jajarannya untuk mengalihkan arus lalu lintas (arus lalin).

“Pengalihan arus dari depan Kedubes AS ke Patung Kuda, lalin ditutup, dialihkan semua ke depan Gambir,” kata Kompol Gamos, pada Selasa.

Menurut keterangan dari platform media X @PT_Transjakarta, demo hari ini berimbas terhadap sejumlah rute JakLingko yang berhenti beroperasi.

“Layanan mikrotrans rute JAK 33, JAK 34, JAK 35, JAK 41, JAK 42, JAK 61, JAK 76, JAK 77, JAK 84, JAK 90 dan JAK 106 sementara tidak beroperasi melayani pelanggan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” cuit @PT_Transjakarta.

Di samping itu, koordinator aksi lapangan Fahrul Fatah menjelaskan, para sopir JakLingko mengadakan demonstrasi sebagai bentuk protes terhadap diskriminasi yang dilakukan oleh Direksi Transjakarta terhadap beberapa operator mitra program JakLingko.

“Entah motifnya apa, namun banyak kesalahan yang selalu ditolerir, kuota penyerapan paling banyak yang diberikan terus menerus dan kemudahan lainnya,” ujar Fahrul di Jakarta, Selasa, 30 Juli 2024, dikutip dari Antara.

Aksi demonstrasi tersebut diikuti oleh pengurus, anggota koperasi, serta pengemudi yang tergabung dalam Forum Komunikasi Laskar Biru (FKLB). Kelompok ini mencakup Koperasi Komilet Jaya, Purimas Jaya, Kopamilet Jaya, Komika Jaya, Kolamas Jaya, Kodjang Jaya, PT Lestari Surya Gemapersada, dan PT Kencana Sakti Transport.

Di depan Balai Kota Jakarta, para demonstran menuntut beberapa hal, termasuk keadilan dan transparansi dalam pembagian kuota angkutan reguler untuk program JakLingko.

Sementara, Ketua Koperasi Komilet Jaya Berman Limbong menjelaskan, para pengusaha bergabung dengan JakLingko sesuai dengan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 dan berbagai penjelasan terkait JakLingko Mikrotrans. Berdasarkan aturan tersebut, ada 6.360 unit bus kecil yang diintegrasikan dengan layanan Transjakarta dalam bentuk JakLingko Mikrotrans.

Namun, jumlah bus kecil yang terintegrasi dengan Transjakarta baru mencapai 43,94% atau hanya 2.795 unit sejak program ini diluncurkan pada 2018.

“Dari angka persentase tersebut, 11 operator mitra program JakLingko. Lucunya, TransJakarta bukannya memberikan kesempatan pada operator lain untuk memperbesar daya serap, justru terus saja memberikan kuota pada operator dengan banyak kemudahan-kemudahan persyaratan dan izin-izinnya,” kata dia.

Demo para sopir JakLingko berkaitan dengan upaya PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) untuk menghentikan operasional Mikrotrans yang tidak mematuhi peraturan yang berlaku, dalam rangka menegakkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance).

Temuan dari inspeksi mereka menunjukkan dari 94 rute Mikrotrans, 65 rute beroperasi secara normal, sementara 29 rute lainnya tidak beroperasi karena inisiatif dari operator Mikrotrans.

“Beberapa operator yang melakukan pemalsuan dokumen ditindak tegas oleh TransJakarta dengan menghentikan operasinya, karena tidak sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku,” jelas Direktur Operasional dan Keselamatan Transjakarta Daud Joseph di Jakarta,.

Daftar 29 Rute JakLingko yang Tak Beroperasi Imbas Demo Hari Ini

Wilayah Utara

1. JAK88 Terminal Tanjung Priok-Ancol Barat

2. JAK89 Terminal Tanjung Priok-Taman Kota Intan

3. JAK77 Tanjung Priok-Jembatan Hitam

4. JAK76 Jalan Industri Raya-Asmi

5. JAK87 Terminal Tanjung Priok-Terminal Rawamangun

6. JAK90 Terminal Tanjung Priok-Rusun Kemayoran

7. JAK01 Plumpang-Tanjung Prio

8. JAK61 Cempaka Putih-Pulogadung

Wilayah Pusat

9. JAK13 Tanah Abang-Kota Intan via Jembatan 5

10. JAK10 Kota-Tanah Abang

11. JAK07 Tanah Abang-Tawakal

12. JAK08 Roxi-Benhil

13. JAK09 Roxi Mas-Karet

14.JAK11 Kebayoran Lama-Tanah Abang

15. JAK12 Kebayoran Lama-Tanah Abang via Pos Pengumben

16. JAK14 Meruya-Tanah Abang

17. JAK10B ST.Gondangdia-Cikini via Jalan Kramat Raya

Wilayah Timur 2

18. JAK33 Pulogadung-Kota

19. JAK106 Terminal Klender-Terminal Kampung Melayu

20. JAK42 Pondok Kelapa-Kampung Melayu

21. JAK41 Kampung Melayu-Pulogadung

22. JAK84 Kampung Melayu-Kapin

23. JAK34 Kampung Melayu-Klender

24. JAK85 Bintara-Cipinang Indah

25. JAK86 Terminal Rawamangun-Terminal Manggarai

26. JAK35 Pangkalan Jati-Rawamangun

Wilayah Barat

27. JAK53 Grogol-Pos Pengumben via Slipi

28. JAK54 Grogol-Benhil

29. JAK56 Grogol-Srengseng