Pendiri RANS Entertaintment, Raffi Ahmad
Nasional

Daftar 7 Pesohor yang Dipanggil Prabowo, Dapat Jatah Menteri dan Wamen

  • Ada sosok tak terduga yang menarik perhatian masyarakat dan menjadi perbincangan hangat. Ada juga juga sosok yang sudah dikenal luas oleh masyarakat seperti artis dan pesohor.

Nasional

Distika Safara Setianda

JAKARTA – Presiden terpilih Prabowo Subianto memanggil beberapa tokoh ke kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan. Pada Senin, 14 Oktober 2024 hingga Selasa 15 Oktober 2024, lebih dari 100 nama dipanggil sebagai calon menteri dan wakil menteri untuk periode 2024-2029.

Dari tokoh-tokoh yang dipanggil, ada wajah lama yang merupakan Menteri di cabinet Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. Di sisi lain, ada sosok tak terduga yang menarik perhatian masyarakat dan menjadi perbincangan hangat. Ada juga juga sosok yang sudah dikenal luas oleh masyarakat seperti artis dan pesohor. 

Dan berikut adalah figur yang menarik perhatian yang menjadi calon menteri dan wakil menteri untuk periode mendatang. Yuk, simak!

Raffi Ahmad

Kemunculan presenter kondang Raffi Ahmad di Kertanegara Selasa, 15 Oktober 2024 cukup mengejutkan publik. Raffi mengatakan, ia diminta untuk membantu pemerintahan yang dipimpin Prabowo dalam bidang yang dikuasainya, seperti seni dan industri kreatif.

“Diminta sama-sama membantu Pak Prabowo. Pastinya kalau saya dalam bidang yang memang saya kuasai, kira-kira di generasi muda, badan kreatif, dan juga pekerja seni,” katanya.

Sebelumnya, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia resmi menunjuk Raffi sebagai Wakil Ketua Umum (Waketum) Kadin untuk periode 2024-2029. Dia ditetapkan untuk mengisi posisi strategis sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia di bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Raffi dikenal sebagai artis, presenter di berbagai acara televisi, dan pemain film. Selain itu, ia juga mengelola beberapa bisnis di bawah naungan RANS Entertainment.

Giring Ganesha

Masyarakat pasti sudah tak asing dengan sosok yang satu ini. Mantan vokalis band Nidji ini dipanggil oleh Prabowo. Ia menegaskan bahwa dirinya dan politikus dari Partai Gerindra, Fadli Zon, yang diisukan akan menjadi calon Menteri Kebudayaan, telah mendapatkan tugas besar untuk membangun bangsa dan negara.

“Tugas besar untuk reinventing Indonesian culture,” katanya di Kertanegara, Selasa, 15 Oktober 2024.

Veronica Tan

Kehadiran mantan istri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Veronica di kediaman Prabowo cukup mengejutkan banyak orang. Ia merupakan salah satu dari 48 calon menteri yang mengunjungi kediaman Prabowo pada Senin kemarin.

Veronica juga mengungkapkan harapannya untuk dapat melayani masyarakat di masa depan. Kehadiran dan pernyataannya tersebut dianggap sebagai sinyal bahwa ia akan menjadi menteri dalam Kabinet Prabowo.

Namun, Veronica tidak memberikan komentar mengenai posisi apa yang akan diberikan kepadanya. Ia hanya menyatakan bahwa posisinya kemungkinan akan diumumkan secara resmi oleh Prabowo.

Yovie Widianto

Musisi sekaligus komposer terkenal Yovie Widianto, dipanggil Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto, ke Kertanegara di Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2024. Yovie menyatakan, ia diminta untuk memberikan bantuan kepada Prabowo dalam bidang ekonomi kreatif.

Personel band Kahitna itu enggan menjelaskan jabatan apa yang akan diemban, tetapi dia berharap kehadirannya dalam pemerintahan selama lima tahun ke depan dapat membantu Prabowo-Gibran di bidang yang dikuasainya.

Nasaruddin Umar

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar juga turut diundang Prabowo ke rumahnya pada Senin, 14 Oktober 2024. Dia mengungkapkan, mendapatkan tugas sebagai menteri dalam kabinet Prabowo-Gibran yang akan datang.

“Saya tidak menyangka mendapatkan undangan untuk membantu beliau di dalam pemerintahan mendatang.”

Sebelum menjadi Imam Besar, ia pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Agama dan juga sebagai Rais di Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU). Selain itu, ia pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat di Kementerian Agama.

Nasaruddin juga tak menyebutkan posisi kementerian yang akan diisinya. Namun, ia memberikan sedikit informasi kegiatan kementerian yang akan dipimpinnya tidak akan jauh berbeda dari aktivitasnya sebagai Imam Besar Masjid Istiqlal.

Taufik Hidayat

Legenda bulu tangkis Indonesia Taufik Hidayat turut dipanggil Prabowo ke kediamannya.

“Tadi saya dipanggil sama Pak Prabowo, saya diminta untuk membantu di kabinetnya beliau dan sesuai dengan bidang saya. Saya sebagai apa ya, menteri hukum ya haha. Saya sebagai atlet. Di mananya nanti arahan dari Pak Prabowo saja,” kata Taufik.

Ia tak memberikan jawaban pasti mengenai apakah ia ditugaskan sebagai wakil menteri pemuda dan olahraga. Taufik mengungkapkan, Prabowo hanya membahas seputar olahraga dengannya.

Gus Miftah

Selasa kemarin, Gus Miftah juga dipanggil ke kediaman Prabowo. Ia mengatakan tidak diminta untuk menjadi wakil menteri (wamen).

“Yang jelas bukan wakil Menteri. Bapak perintahkan untuk lebih banyak fokus di bidang moderasi toleransi dan semacamnya,” katanya, di Kertanegara, Jakarta Selatan.

Nama Gus Miftah, yang merupakan pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman, mulai dikenal masyarakat luas karena melakukan dakwah di tempat-tempat yang tidak biasa. Ia melakukan dakwah di klub malam, bahkan di lokasi prostitusi.

Itu dia para sosok mengejutkan yang di panggil ke kediaman Prabowo.