Ilustrasi seleksi CPNS.
Nasional

Daftar Kementerian yang Buka Lowongan CPNS 2023 untuk Lulusan SMA

  • Sejumlah kementerian maupun lembaga negara kabanya membuka pendaftaran CPNS untuk lulusan SMA pada tahun 2023.
Nasional
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Sejumlah kementerian maupun lembaga negara kabanya membuka pendaftaran CPNS untuk lulusan SMA pada tahun 2023. Meski pendaftaran CPNS tersebut diperkirakan baru dimulai Juni 2023, tak ada salahnya menyiapkan diri dari sekarang. 

Berikut sejumlah kementerian dan lembaga negara yang membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA:

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

KLHK menjadi salah satu kementerian yang membuka pendaftaran CPNS untuk lulusan SMA. Salah satu lowongan yang ada yakni polisi hutan dalam bidang kehutanan dan pertanian.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Kemenhub dikabarkan menjadi salah satu kementerian yang bakal jor-joran merekrut CPNS lulusan SMA. Rencananya, ada 684 formasi yang tersebar dalam sejumlah posisi yakni penerbang, petugas keamanan penerbangan, petugas pertolongan kecelakaan penerbangan, petugas pemadam kebakaran dan teknisi penelitian dan perekayasaan.

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

Kemenkumham membuka pendaftaran CPNS 2023 untuk lulusan SMA dengan posisi penjaga rumah tahanan (rutan).

Kementerian Pertahanan (Kemenhan)

Selain Kemenhub, Kemenhan membuka cukup banyak formasi CPNS 2023 untuk lulusan SMA. Kemenhan menyediakan jabatan pengemudi ambulans dan kataloger pemula.

Kejaksaan Agung (Kejagung)

Kejagung rencananya bakal membuka lowongan CPNS 2023 untuk lulusan SMA. Namun detail posisinya belum diketahui. 

Badan SAR Nasional (Basarnas)

Basarnas akan menambah personelnya di pos-pos baru yang tersebar di Indonesia. Oleh karena itu, Basarnas diprediksi bakal membuka lowongan CPNS 2023 untuk lulusan SMA yang cukup banyak.

 

Itu dia daftar kementerian dan lembaga negara yang bakal membuka pendaftaran CPNS 2023 bagi lulusan SMA. Buat kalian yang ingin mendaftar, ada baiknya segera persiapkan berkasnya dari sekarang. Pantau juga perkembangan dari media agar tak ketinggalan informasi. Semoga sukses!