<p>Petugas mengambil sampel darah warga yang mengikuti Mobile Rapid Test (tes bergerak) yang diadakan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 di Jakarta, Selasa, 21 Juli 2020.  Tes cepat secara massal ini diadakan untuk mendeteksi paparan virus corona di masyarakat, terutama di wilayah-wilayah yang menjadi zona merah COVID-19. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Daftar Tempat Rapid dan Swab Test Antigen di Jakarta, Tarif Mulai dari Rp300 Ribuan

  • Rapid test antigen atau swab antigen ini juga telah menjadi syarat wajib bagi pengguna transportasi umum yang ingin keluar masuk Jakarta mulai 18 Desember 2020. Memang, biaya rapid test antigen lebih mahal dibandingkan dengan rapid test antibodi.

Gaya Hidup
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Pemerintah telah mengganti metode screening alternatif paparan COVID-19 yang lebih baik dan lebih akurat, yaitu dengan menggunakan rapid test antigen atau swab antigen. Metode ini dinilai lebih akurat dibandingkan dengan rapid test antibodi.

Perbedaan dari kedua metode ini adalah spesimen rapid test yang selama ini dilakukan menggunakan darah untuk mengetahui keberadaan antibody. Biasanya terbentuk ketika virus corona menginfeksi tubuh.

Sedangkan spesimen rapid swab adalah usapan di bagian pangkal tenggorokan dan hidung sebagaimana tes swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR). Antigen adalah zat atau benda asing, seperti racun, kuman, atau virus yang masuk ke tubuh.

Rapid test antigen atau swab antigen ini juga telah menjadi syarat wajib bagi pengguna transportasi umum yang ingin keluar masuk Jakarta mulai 18 Desember 2020. Memang, biaya rapid test antigen lebih mahal dibandingkan dengan rapid test antibodi.

Jika tarif maksimal rapid test antibodi yang dipatok pemerintah sebesar Rp150.000, saat ini belum ada aturan batasan atas tarif rapid swab. Untuk itu TrenAsia.com merangkum tempat layanan rapid test antigen di wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan tarif mulai dari yang termurah hingga termahal, berikut daftarnya:

1. Klinik Tridatama

Klinik Tridata menyediakan layanan rapid test antigen drive thru dengan biaya Rp349.000. Klinik ini berada di CIBIS Park – Nomor 2, Jalan TB Simatupang, Cilandak Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

2. Klinik Puspita

Klinik Puspita menyediakan layanan rapid test antigen dengan tarif Rp349.000. Klinik ini berada di dua lokasi di wilayah Jakarta.

– Parkir Hall C Jiexpo – Jl. Benyamin Suaeb, Pademangan Timur, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta.

– Jalan Raya Duri Kosambi, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, DKI Jakarta

Klinik Puspita juga menyediakan layanan rapid test antigen dengan layanan home care atau layanan tes di rumah dengan sistem paket di atas 10 Orang. Khusus layanan ini dikenakan tarif lebih tinggi, mulai dari Rp360.000.

3. Helix Lab Fakultas Teknik Universitas Indonesia

Helix Lab Fakultas Teknik Universitas Indonesia ini berlokasi di kota Depok, Jawa Barat. Biaya rapid test antigen yang dikenakan adalah Rp350.000. Laboratorium ini mampu melayani 1.500 sampel tes tiap harinya.

Selain melayani rapid test antigen, Helix Lab Fakultas Teknik Universitas Indonesia juga melayani tes PCR dengan tarif Rp800.000 serta rapid test antibodi dengan biaya Rp95.000.

4. Klinik NK Health

Klinik NK Health melayani rapid test antigen dengan biaya Rp387.000. Klinik NK Health berada di lantai 3 Tatalogam Tower, Jalan Arjuna Utara Nomor 89, RT9/RW1, Duri Kepa, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

5. Poliklinik Cellscience

Berbeda dari tempat lainnya, poliklinik ini dapat ditemui di beberapa lokasi perbelanjaan di Jakarta dengan tarif layanan rapid test antigen sebesar Rp420.000. Berikut lokasi Poliklinik Cellscience:

– Lippo Mall Kemang, 1st Floor Lantai 5, Jl. Pangeran Antasari, Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

– Lippo Mall Puri 2nd Floor Unit 9, Jalan Kembang Kerep No.8, RT2/RW2, Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

– Jalan Pantai Indah Selatan Nomor 11, Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, DKI Jakarta.

– Mall Kota Kasablanca UG Floor Unit 73, Menteng Dalam, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

6. Medizen Clinic

Medizen Clinic menyediakan layanan rapid test antigen dengan tarif Rp500.000. Layanan kesehatan ini berlokasi di Menara Standard Chartered, Lantai LG, Podium Blok 004B, Jalan. Prof. Dr. Satrio Nomor 64, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

7. Mayapada Clinic

Mayapada Clinic menawarkan layanan swab antigen denga biaya Rp550.000 dan berlokasi di dua tempat di wilayah Jakarta.

Pertama, layanan dapat rapid test antigen dapat ditemui di alamat Kavling 27, Jalan Jenderal Sudirman, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Selain itu, Mayapada Clinic juga dapat ditemui di Kavling 5-9, Jalan Tanjung Duren Raya, Tanjung Duren Selatan, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

8. Klinik Miracle

Klinik Miracle menawarkan layanan rapid test antigen dengan biaya Rp550.000. Berlokaso di Plaza Sudirman, Indofood Tower Lantai 8. Jalan Jendral Sudirman Kav 76-78, Setiabudi, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

9. Omni Hospital

Omni Hospital menawarkan layanan rapid test antigen dengan biaya Rp575.000. Sedangkan, jaringan rumah sakit ini antara lain Omni Hospital Alam Sutera, Omni Hospital Pulomas, Omni Hospital Cikarang dan Omni Hospital Pekayon.

10. Gloskin Aesthetic Clinic

Gloskin Aesthetic Clinic menyediakan layanan rapid test swab antigen dengan biaya Rp665.000. Klinik ini berlokasi di Ruko Grand Soepomo, Jalan Prof. DR. Soepomo No.73A, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. (SKO)