Gunung Semeru saat erupsi akhir pekan lalu
Nasional

Dampak Letusan Semeru, Lahan Kopi Alami Kerusakan Paling Parah

  • Letusan Gunung Semeru memberi dampak luas.Hutan yang terkena imbasnya lumayan luas
Nasional
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

SURABAYA -(halojatim.com) - Letusan Gunung Semeru memberi dampak luas.Hutan yang terkena imbasnya lumayan luas. Perhutani Jatim mencatat ada  5.354,80 hektare terkena dampak. 

Dengan yang terdampak parah mencapai mencapai 1.999,80 hektare.  Jenis tanamannya Kopi, Rimba Campur serta Pinus. Untuk terdampak sedang mencapai luasan 3.355.00 hektare, dengan jenis tanaman seperti jati, JPP, pinus, sengon, mahoni, rimba campur, bambu, rekisi, kopi serta cengkeh.

Sekretaris Divisi Regional (Divre) Perhutani Jawa Timur Dandit Pudyantoro mengatakan dari beberapa jenis tanaman yang mengalami kerusakan paling luas adalah kopi dengan total 1.489,30 hektare dan yang mengalami kerusakan dengan luasan kecil adalah jenis tanaman rekisi yakni mencapai 6.90 hektare.

"Hingga saat ini, kami dari Perhutani Divre Jatim bekerja sama dengan Perhutani KPH Probolinggo masih terjun ke lapangan untuk melakukan pendataan dan mendirikan posko evakuasi di beberapa titik," katanya.

Gunung Semeru meletus akhir pekan lalu. Banyak yang terimbas dari erupsi gunung yang berada di wilayah Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang tersebut. Banyak bangunan fisik yang rusak parah dan tidak bisa digunakan lagi. 
 

Tulisan ini telah tayang di halojatim.com oleh Andri pada 09 Dec 2021