deep web, dark web, hacker, peretas
Tekno

Dampak Pencurian Identitas Terhadap Hidup Anda, Jangan Anggap Remeh!

  • Simak penjelasan mengenai dampak pencurian identitas terhadap hidup Anda. Hati-hati!
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Pencurian identitas dapat terjadi ketika seseorang secara curang menggunakan informasi pribadi orang lain demi mengeruk keuntungannya sendiri. Kita semua tentu berisiko terhadap bahaya pencurian identitas.

Apalagi, saat ini ada lebih banyak cara bagi para peretas untuk mengakses informasi pribadi Anda dibandingkan sebelumnya. Jutaan situs web dapat menyimpan data pribadi kita dan setiap tahun miliaran data tersebut bisa diretas dan dibocorkan di dark web.

Dampak Pencurian Identitas Terhadap Hidup Anda

Konsekuensi pencurian identitas tentu tergantung pada niat penjahat dan seberapa banyak informasi Anda yang dapat mereka temukan. 

1. Kehilangan Tabungan

Pencuri identitas yang memperoleh akses ke informasi keuangan Anda dapat mengosongkan isi tabungan Anda bahkan menumpuk utang atas nama Anda. Penipu memiliki banyak cara untuk memperoleh informasi keuangan Anda. Mereka bisa mengirimi Anda email phishing yang berpura-pura berasal dari bank Anda dan meminta Anda untuk melakukan ‘verifikasi’ informasi akun Anda. Akan tetapi, dalam banyak kasus, informasi Anda sebetulnya sudah tersedia bagi mereka.

2. Reputasi di Media Sosial Hancur

Seperti yang dilansir Trenasia dari Identity Guard pada Jumat, 6 Oktober 2023, serangan pengambilalihan akun media sosial tampaknya sedang meningkat sebesar 90% antara tahun 2020 dan 2021. Penipu dapat menyusup ke akun Anda dengan membeli informasi untuk login di Dark Web atau menipu Anda agar memberi mereka akses.

Salah satu penipuan yang lebih umum adalah meminta ‘bantuan’ untuk menerima kode otentikasi dua faktor. Penipu dapat meminta Anda mengirimkan kode dari mereka kepada Anda. Akan tetapi, pada kenyataannya, justru Anda yang memberikan mereka akses ke akun Anda sendiri.

Setelah penipu mengontrol akun Anda, mereka dapat dengan mudah mengumpulkan data pribadi Anda, mengakses aplikasi lain menggunakan informasi login Anda, dan menipu teman Anda dengan menyamar sebagai Anda.

3. Informasi Pribadi Muncul di Dark Web Selamanya

Password memang mudah diubah. Akan tetapi, begitu seseorang mengetahui nama Anda, tanggal lahir, atau data biometrik lainnya seperti sidik jari Anda, informasi Anda akan disusupi selamanya. Data tersebut tidak pernah hilang, sehingga membuat Anda berpotensi menjadi korban pencurian identitas selamanya.

4. Anda Mungkin Gagal Ketika Background Checking

Pencuri identitas dapat mencuri dokumen identitas seseorang dan meninggalkan identitas tersebut dalam kekacauan. Salah satu jenis pencurian identitas yang paling cepat berkembang adalah menggabungkan data dari beberapa orang menjadi satu persona satu. Bahkan, jika seseorang tidak mencuri semua data pribadi Anda, Anda mungkin memiliki background yang telah hancur karena apa yang disebut pencurian identitas ini. Selain itu, hal ini mungkin akan menyulitkan Anda ketika melamar pekerjaan, karena nama Anda telah digunakan oleh pencuri yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan identitas Anda.

Itu tadi penjelasan mengenai dampak pencurian identitas terhadap hidup Anda. Hati-hati!