Ilustrasi rumah sakit.
Nasional

Dana Pengobatan Rp100 Triliun Terbang ke RS Luar Negeri Tiap Tahun

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut dana lebih dari Rp100 triliun digunakan warga untuk pengobatan ke luar negeri setiap tahunnya. Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan dalam groundbreaking Rumah Sakit Mayapada Hospital Nusantara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Rabu 1 November 2023.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut dana lebih dari Rp100 triliun digunakan warga untuk pengobatan ke luar negeri setiap tahunnya. Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan dalam groundbreaking Rumah Sakit Mayapada Hospital Nusantara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Rabu 1 November 2023.

“Hampir 2 juta masyarakat kita kalau sakit pergi ke luar,” ucap Presiden Jokowi, dipantau secara daring melalui Saluran Youtube Sekretariat Kepresidenan, Rabu. Presiden menyebut hal itu akan membawa uang keluar atau capital outflow. Pasalnya, masyarakat membawa uang ke luar negeri hanya untuk berobat.

Presiden berharap pembangunan Mayapada Hospital Nusantara di IKN dapat mengurangi keluarnya uang ke luar negeri sebanyak mungkin. Pada kesempatan itu, Presiden juga berpesan agar rumah sakit baru di IKN itu tidak melupakan pasien BPJS.

Layanan yang ada di Mayapada Hospital Nusantara meliputi pelayanan kepada ibu dan anak, penanganan kegawat daruratan jantung, stroke, emergeny dan ortopedik. Presiden meyakini Mayapada Hospital tersebut akan menjadi rumah sakit yang baik sebab bekerja sama dengan Apollo Hospital dari India.

Presiden menyebut Mayapada Hospital Nusantara merupakan rumah sakit kedua yang dibangun di IKN Nusantara. Rumah sakit tersebut mengusung konsep green hospital yang sejalan dengan konsep forest city di IKN. “Akan mengusung konsep efisiensi dan konservasi,” ujar Presiden.

Pasalnya, konsep hijau akan selalu didengungkan dalam proses pembangunan di IKN. Rumah sakit tersebut juga mengusung konsep green building dimana 20% lahan akan digunakan sebagai lahan hijau. 

“Dilengkapi dengan healing garden, dengan sistem kelola taman untuk membantu percepatan kesembuhan pasien,” ucap Presiden. Dengan melihat suasana yang hijau di kanan kiri kawasan pasien diharapkan dapat lebih cepat sembuh.

Presiden juga meminta agar Mayapada Hospital ini dibangun dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi, mengefisienkan pemakaian energi dan air, membangun sistem daur ulang air limbah yang baik serta menyediakan kolam resapan untuk penyerapan air hujan agar bisa dimanfaatkan kembali.

Mayapada Hospital Nusantara menjadi yang kedua dibangun setelah sebelumnya Rumah Sakit Abdi Waluyo Nusantara telah lebih dahulu melakukan groundbreaking di IKN. RS Abdi Waluyo Nusantara tersebut menelan dana investasi pemebangunan hingga Rp2 triliun yang akan melayani perawatan sub-spesialis dengan kapasitas kamar mencapai 400 kamar perawatan.