<p>Ilustrasi Dompet digital Dana / Dok. DANA</p>
Fintech

DANA Siap Implementasikan Metode SNAP

  • JAKARTA - Dompet digital DANA siap mengimplementasikan standar nasional open API pembayaran yang dicanangkan oleh Bank Indonesia, melalui blue print sistem pembayaran
Fintech
Adinda Purnama Rachmani

Adinda Purnama Rachmani

Author

JAKARTA - Dompet digital DANA siap mengimplementasikan standar nasional open API pembayaran (SNAP) yang dicanangkan oleh Bank Indonesia (BI), melalui blue print sistem pembayaran Indonesia 2025.

CEO dan Co-Founder DANA, Vince Iswara mengatakan pihaknya memandang sistem tersebut bukan hanya menciptakan sistem pembayaran yang efisien dan aman. Tetapi membuka peluang kolaborasi yang lebih luas untuk industri meningkatkan inklusi keuangan.

"DANA menjadi salah satu anggota dalam Working Group Nasional Open API, yang mana DANA terlibat aktif dalam perumusan pedoman teknis dan tata kelola Open API. Oleh karena itu, DANA merupakan first mover yang akan menerapkan SNAP bersama denga first movers lainnya pada Juni 2022," ucap Vince Iswara, dalam keterangan pers, Selasa, 21 Desember 2021.

Vince menjelaskan jika pihaknya telah menyusun strategi dan timeline integrasi dengan sejumlah pihak, untuk implementasi SNAP di 2022 seperti bekerja sama dengan BRI, BCA, dan Bukalapak.

Dengan menerapkan standar keamanan praktik layanan Open API  yang merata. DANA turut memberikan dampak dalam memperluas akses layanan keuangan, menintegrasikan berbagai layanan perbankan.

"Ini adalah bentuk dukungan kami untuk menciptakan sistem pembayaran yang efisien, efektif, aman dan andal. Sebagaimana digariskan BI lewat peluncuran SNAP sebelumnya, DANA juga udah mengimplementasikan fitur QRIS baik untuk merchant presented mode, customer presented mode, tanpa tatap muka,transfer, Tarik, setor dan Cross Borde," ucap Vince.

SNAP diluncurkan oleh Bank Indonesia sebagai standar nasional untuk menyeragamkan bahasa protokol, intruksi dan memafisilitasi interkoneksi antar aplikasi.

Sehingga mampu medorong percepatan pelaku sistem pembayaran dalam melakukan kerja sama digital dan mampu menekan biaya transaksi konsumen.

"SNAP akan mendorong integrasi, interkoneksi, dan interoperabilitas, sehingga meningkatkan efisiensi sekaligus interlinkage antara penyedia jasa pembayaran (PJP) bank dan PJP non-bank, maupun pelaku ekonomi digital lainny,"ucap Vince