<p>Daily Express</p>

Danau Hantu Ditemukan di Antartika

  • LONDON-Sebuah anomali aneh terlihat dari luar angkasa di tengah hamparan Antartika yang membeku. Surat kabar Daily Express mengutip serial Science Channel What on Earth menyebut anomali yang dimaksud adalah lubang raksasa yang terletak di dekat Ross Ice Shelf, yang digambarkan sebagai “sesuatu yang tidak diduga oleh siapa pun”. Saat para peneliti berjuang untuk menjelaskan fenomena […]

Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

LONDON-Sebuah anomali aneh terlihat dari luar angkasa di tengah hamparan Antartika yang membeku.

Surat kabar Daily Express mengutip serial Science Channel What on Earth menyebut anomali yang dimaksud adalah lubang raksasa yang terletak di dekat Ross Ice Shelf, yang digambarkan sebagai “sesuatu yang tidak diduga oleh siapa pun”.

Saat para peneliti berjuang untuk menjelaskan fenomena ini, mereka pertama-tama mempertimbangkan arus laut yang hangat bisa disebabkan oleh pencairan es dari bawah. “Tapi ada masalah dengan teori ini. Lubang raksasa itu bermil-mil dari laut” tulis media itu Senin 12 Oktober 2020.

 “Para ilmuwan sekarang percaya ada sesuatu yang kuno bersembunyi di bawah es yang menciptakan lubang itu.”

Daily Express

Teori para ilmuwan akhirnya muncul dengan dalil bahwa lubang itu tercipta berkat danau yang terletak jauh di bawah lapisan es Antartika dan merupakan – sisa dari jutaan tahun yang lalu ketika benua itu memiliki iklim berbeda yang memungkinkan air mengalir ada di permukaan.

“Kami menyebutnya danau hantu karena mereka tidak terlihat oleh kami sampai sesuatu terjadi dan mereka menampakkan diri,” kata Profesor Frank Muller-Karger dari University of South Florida