<p>Suasana perumahan cluster di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 2 Januari 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Dapat Dana FLPP Rp8,7 Triliun, BTN Bidik Pembiayaan 81.000 Unit Rumah

  • PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) tahun ini mendapat jatah penyaluran dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) Rp8,73 triliun dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) tahun ini mendapat jatah penyaluran dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) Rp8,73 triliun dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Plt Direktur Utama Bank BTN, Nixon LP Napitupulu menjelaskan, dana tersebut akan disalurkan melalui program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi konvensional Rp7,76 triliun dan KPR subsidi syariah Rp965 miliar.

“Dari total dana tersebut, kami manargetkan bisa membiayai 81.000 unit rumah subdidi pada 2021,” kata Nixon, melansir dari keterangan resmi, Jumat, 22 Januari 2021.

Nixon menambahkan, penyaluran FLPP akan terintegrasi dengan sistem aplikasi KPR dari Bank BTN yaitu SiKasep yang dioptimalkan oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan sejak 2020.

Dana FLPP, lanjutnya, akan disalurkan dalam bentuk KPR Sejahtera yang hanya bisa diakses oleh masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Melalui fasilitas KPR subsidi tersebut, MBR bisa memiliki rumah dengan uang muka mulai 1% dan suku bunga 5% fixed hingga 20 tahun.

Proyeksi Penyaluran KPR 2021

Dengan pemberian bunga rendah itu, Nixon meyakini pertumbuhan KPR subsidi bakal tetap positif. Beberapa faktor menopangnya adalah subsidi bunga KPR dan penyaluran dana pemulihan ekonomi nasional (PEN).

“Tahun ini, kami optimistis bisa menjaga pertumbuhan KPR subsidi di kisaran 4-6 persen secara tahunan,” tegas Nixon.

Lebih lanjut, Nixon menyampaikan, Untuk meningkatkan penyaluran KPR dan KPR Subsidi, BTN akan menyelenggarakan Indonesia Property Virtual 2021. Penyelenggaraan ini merupakan acara rutin tahunan yang digelar BTN untuk menarik minat calon pembeli properti dengan menawarkan harga diskon.

“Ini juga mendorong penyaluran KPR sesuai dengan komitmen BTN untuk mendukung Program Satu Juta Rumah,” tambahnya.

Hingga Desember 2020, BTN telah menyalurkan dana FLPP sebesar Rp4,46 triliun untuk 34.367 unit rumah subsidi. Pencapaian ini menempatkan BTN sebagai bank penyalur KPR nomor satu di Indonesia sampai dengan kuartal III-2020 dengan  pangsa KPR subsidi dengan porsi lebih dari 90%.