<p>Tesla Powerwall yang diproduksi oleh produsen mobil listrik Tesla milik konglomerat terkaya dunia Elon Musk / Suncommon.com</p>
Tekno

Dapat Julukan 'Iron Man', Ini 9 Deretan Teknologi Hasil Temuan Elon Musk

  • Layaknya Tony Stark, Elon Musk juga dikenal sebagai sosok flamboyan jenius yang menciptakan sejumlah inovesi di bidang teknologi.

Tekno

Rizky C. Septania

JAKARTA- Orang terkaya dunia Elon Musk telah lama mendapat sebutan sebagai 'Iron Man' di dunia nyata. Layaknya Tony Stark, Elon Musk juga dikenal sebagai sosok flamboyan jenius yang menciptakan sejumlah inovesi di bidang teknologi.

Meski tak membuatnya sebagai superhero, penemuan Elon Musk bisa disebut sebagai gerbang pembuka dari inovasi dunia lainnya yang bahkan sebelumnya hanya ada di angan-angan. Dan hal itu tentu saja membuat kekayaannya makin bertambah.

Lantas, penemuan Elon Musk Apa saja yang berhasil mendoprak inovasi teknologi dunia hingga saat ini? berikut daftarnya seperti dikutip TrenAsia.com dari berbagai sumber.

1. Tesla

Mobil bertenaga listrik premium di tengah maraknya kendaraan bertenaga fosil jadi penemuan inovatif Elon Musk yang pertama. Sebelum ada Tesla, mobil listrik memiliki kekurangan dari segi kecepatan dan ketahanan baterai.

Namun hal sebaliknya terjadi pada Tesla. Selain memiliki daya baterai kuat, kecepatan Tesla juga bisa disamakan dengan mobil berbahan bakar fosil lainnya.

Tak hanya itu, sejumlah mobil Tesla bahkan disebut punya fungsi sebagai 'kapal selam'. Hal ini disebabkan lantaran beberapa jenis mobil Tesla tak rusak meski menerjang banjir yang cukup tinggi.

2. Powerpack

Selain mobil, Tesla juga memiliki sistem penyimpanan energi untuk rumah dan bisnis. Oleh musk, sistem ini disebut sebagai Powerpack dan Powerwall.

Sistem ini memungkinkan penyimpanan energi unik ini bekerja untuk secara efisien dan efektif menyimpan tenaga surya atau angin hingga dibutuhkan.

3. Roket Daur Ulang Space X

Pada perjalana luar angkasa, objek peluncur atau roket biasanya digunakan sekali pakai. Ini  kemudian menyebabkan biaya peluncuran akan semakin tinggi. Selain itu, ada potensi untuk menambah sampah luar angkasa.

Namun berbeda halnya dengan roket peluncur dari SpaceX.  Falcon 9 merupakan roket ciptaan ELon Musk yang bisa digunakan kembali. Tak hanya itu, perusahaan juga sedang mengerjakan penerbangan manusia dengan dua tujuan yakni Bulan dan Mars di masa depan.

4. Starlink

Melalui Starlink, Elon Musk berusaha mematahkan stigma terkait internet satelit dan menyediakan akses jaringan latensi rendah bagi masyarakat dunia.

Harapannya internet Starlink bisa digunakan bagi masyarakat yang berada di pedalaman seluruh dunia. Layanan ini sudah digunakan hampir di banyak negara saat ini.

5. Paypal

Anda tak salah baca. Layanan pembayaran digital Paypal merupakan ide yang dicetuskan oleh Elon Musk. Pada 1999, Elon Musk mendirikan PayPal dengan nama X.com.

Setelah beberapa tahun, X.com akhirnya bergabung dengan perusahaan lain yakni Confinity dan mengubah namanya menjadi Paypal.

Paypal seniri merupakan revolusi layanan keuangan dan pembayaran tersedia secara online. Kini, Paypal bahkan sedang melakukan percobaan untuk mengembangkan bisnisnya ke pembayaran kripto.

6. Zip2

Bagi penggiat teknologi, Zip2 tentunya bukanlah hal asing. Ya, perusahaan teknologi berbasis Internet yang menawarkan perangkat lunak untuk city guides ini merupakan rancangan dari Elon Musk.

Zip2 dirancang untuk surat kabar dengan menciptakan database yang bisa dicari. Musk menulis kode perusahaan untuk menggabungkan daftar bisnis dengan peta.

7. Solar City

Tak hanya Solar Panel, Musk bahkan menciptakan Solar City sebagai solusi untuk penggunaan panel surya yang lebih modern dan murah.

Meski SolarCity adalah bagian dari Tesla, Ia menerima pembuatan panel surya dengan harga terjangkau bagi kebutuhan perumahan.

8. Hyperloop

Penemuan ini memang belum bisa dinikmati saat ini. Sebab, sang Iron Man masih mengerjakannya. Adapun perkembangannya, Hyperloop kini masih dalam tahap pengembangan sistem.

Hyperloop merupakan terowongan tertutup vakum untuk perjalanan lebih jauh dengan kecepatan lebih dari 600 mph.

Sistem Hyperloop dirancang untuk mengurangi kemacetan perjalanan dan ramah lingkungan. Pada November 2020, penumpang pertama telah melakukan perjalanan dengan Virgin Hyperloop.

9. Neurolink

Implan otak untuk penyakit saraf mungkin tampak seperti sesuatu dari masa depan. Namun, Musk sedang berupaya menciptakan penghubung antarmuka antara otak dengan komputer nirkabel untuk melakukan hal tersebut.

Sebelumnya, Neuralink pernah diuji pada babi. Otak babi tersebut ditanamkan implan dan menciptakan koneksi digital antara otak dan komputer. Selain menjelajahi otak, neurolink dapat berfungsi untuk berkomunikasi dengan sel-sel otak dan meningkatkan fungsi neurologis.