<p>Ilustrasi sistem penyediaan air minum (SPAM). / Dok. Kementerian PUPR</p>
Nasional

Dapat Layani 1,3 Juta Orang, SPAM Umbulan di Jawa Timur Segara Rampung

  • JAKARTA-Pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) Umbulan di Jawa Timur telah mencapai progres 98,22%. Kehadiran teknologi ini akan menambah pasokan air bersih perpipaan pada lima daerah meliputi Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan sistem penyediaan air minum itu memiliki kapasitas sebesar 4.000 liter/detik yang dapat […]

Nasional
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Author

JAKARTA-Pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) Umbulan di Jawa Timur telah mencapai progres 98,22%. Kehadiran teknologi ini akan menambah pasokan air bersih perpipaan pada lima daerah meliputi Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan sistem penyediaan air minum itu memiliki kapasitas sebesar 4.000 liter/detik yang dapat melayani 310.000 sambungan rumah atau sebanyak 1,3 juta orang.

“Proyek air minum regional Umbulan telah diinisiasi sejak 40 tahun lalu dan dimulai pembangunannya pada 2017 melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) antara Pemerintah dengan PT Meta Adhya Tirta Umbulan,” kata Basuki, Jumat, 3 Juli 2020

Nilai investasi pembangunan tersebut sebesar Rp2,05 trilun dengan dukungan kelayakan atau viability gap fund (VGF) dari pemerintah sebesar Rp818 miliar. Menurut Basuki, dukungan tersebut diberikan agar tarif air nantinya terjangkau bagi masyarakat.

Secara rinci, dukungan itu entara lain pembiayaan dan pembangunan pipa dari titik offtake sampai ke jaringan pipa distribusi utama, pembiayaan dan pembangunan fasilitas instalasi pengolahan air dari Kali Rejoso dengan kapasitas 300 liter/detik, serta penempatan pipa dan pengurangan biaya sewa lahan di jalan tol yang dilalui.

Penempatan pipa tersebut dilakukan pada ruas jalan tol Pasuruan-Gempol, Gempol-Pandaan, Surabaya-Gempol, Surabaya-Mojokerto, dan Surabaya-Gresik.

“Sumber air baku SPAM Umbulan berasal dari mata air Umbulan di Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan yang disalurkan melalui pipa transmisi air bersih sepanjang 93 kilometer dengan total 14 titik reservoir offtake,” jelasnya.

Tiga Paket

Pembangunan offtake SPAM sendiri dibagi menjadi tiga paket pekerjaan yaitu offtake Kabupaten Pasuruan dan Kota Pasuruan sebanyak lima titik di Winongan, Pohjentrek, Pleret, Bangil, Beji, serta Gempol.

“Pembangunan offtake pada lima titik tersebut telah rampung seluruhnya untuk meningkatkan cakupan pelayanan air minum bagi 260.000 jiwa di sekitar wilayah tersebut,” ungkap Basuki.

Sedangkan sebanyak tujuh titik offtake SPAM Umbulan terdapat di Kabupaten Sidoarjo yaitu offtake Porong, Tanggulangin, Candi, Sidoarjo, Buduran, Gedangan, dan Waru. Pembangunan offtake itu untuk meningkatkan cakupan pelayanan air minum bagi 600.000 jiwa di sekitar wilayah tersebut.

“Saat ini tinggal dua titik offtake SPAM Umbulan yang tengah diselesaikan yakni di Kota Surabaya yaitu Alas Malang dan Kabupaten Gresik,” kata Basuki.

Dikatakan Basuki, dengan rampung kedua titik offtake SPAM tersebut, maka SPAM Umbulan dapat beroperasi penuh untuk melayani kebutuhan air bersih masyarakat di Jawa Timur.