<p>Ilustrasi Dompet digital Dana / Dok. DANA</p>

Dapat Sertifikasi ISO 27001:2013, Dana Buktikan Sistem Kemanannya Terjaga

  • Dompet digital DANA berhasil meraih sertifikasi ISO 27001:2013 untuk sistem manajemen keamanan informasi berstandar internasional. Sertifikat ini diterbitkan oleh International Organitation for Standardization (ISO) yang menggaet kerja sama dengan International Electrotechnical Commission (IEC) atau kini dikenal dengan nama Standar Nasional Indonesia (SNI).

Fajar Yusuf Rasdianto

Fajar Yusuf Rasdianto

Author

JAKARTA – Dompet digital PT Espay Debit Indonesia Koe (DANA) berhasil meraih sertifikasi ISO 27001:2013 untuk sistem manajemen keamanan informasi berstandar internasional. Sertifikat ini diterbitkan oleh International Organitation for Standardization (ISO) yang menggaet kerja sama dengan International Electrotechnical Commission (IEC) atau kini dikenal dengan nama Standar Nasional Indonesia (SNI).

CEO dan Co-Founder PT Espay Debit Indonesia Koe, Vince Iswara menyebut, sertifikasi ISO 27001:2013 merupakan tanda bahwa DANA telah menerapkan metode yang komprehensif dalam proses bisnisnya. Apalagi, kata dia, untuk mendapatkan sertifikasi ini butuh proses audit yang ketat oleh auditor tersertifikasi.

“Hal ini menjadi bukti komitmen DANA untuk menjamin keamanan data informasi pelanggan termasuk mitra DANA Bisnis yang sebagian besar adalah UMKM,” tutur Vince dalam siaran persnya, Jumat, 22 Januari 2021.

Penerapan ISO 27001:2013 juga menjadi bukti kepatuhan DANA terhadap regulasi pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Infotmatika Nomor 4 Tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi. Serta Peraturan Badan Siber dan Sandi Negara Nomor 8 Tahun 2020 tentang Sistem Pengamanan dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik.

“Dengan demikian diharapakan dapat memberikan keyakinan yang lebih baik bagi seluruh pelanggan dan partner yang berhubungan dengan bisnis DANA,” tulis Vince.

Diperolehnya sertifikasi ISO 27001:2013 melengkapi sistem keamanan DANA yang pada Oktober tahun lalu juga mendapatkan sertifikasi PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard). PCI-DSS adalah standar keamanan informasi untuk organisasi yang menangani bank penerbit kartu dan jaringan kartu bermerek seperti VISA, MasterCard, Discover, American Express, JCB.

Selain ISO 27001, DANA juga terus mengembangkan teknologi dan inovasi untuk meningkatkan keamanan sekaligus memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna. Salah satunya adalah proses penarikan uang (cash out) lewat pemindaian wajah atau Face Verification bagi para pelaku usaha yang memanfaatkan DANA Bisnis untuk menunjang kegiatan usahanya.

“Pemindaian wajah ini juga merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya jual beli akun antar pengguna,” pungkas Vince. (SKO)