361327f37219161121df3fef3a7f1ade.jpg
Dunia

Dari Menyematkan Nama Hingga Menghias Rumah, Berikut Tradisi Unik Valentine Berbagai Negara

  • Setiap orang berupaya menunjukkan cinta dan kasih sayangnya kepada orang terkasih pada Hari Valentine.

Dunia

Rizky C. Septania

Jakarta - setiap tahun, tanggal 14 Februari dirayakan sebagai hari kasih sayang atau disebut Hari Valentine. Pada momen ini, setiap orang berupaya menunjukkan cinta dan kasih sayangnya kepada orang terkasih. 

Di sejumlah negara, Valentine identik dengan memberi kado romantis, termasuk bunga dan cokelat. Meski begitu, beberapa negara menggelar tradisi unik lain yang berkaitan dengan hari kasih sayang di seluruh dunia.

Dihimpun TrenAsia.com dari berbagai sumber, berikut tradisi unik Valentine dari berbagai negara.

1. Menyematkan Nama Terkasih di Lengan Baju

Di Afrika Selatan, ada tradisi kuno yang dilakukan saat Valentine . Pada hari istimewa ini, paraa wanita menyematkan nama kekasih atau gebetan mereka di lengan baju.

Sejumlah pria juga mengikuti kebiasaan ini di beberapa bagian Afrika Selatan meski sangat jarang.

Tradisi ini secara harfiah disebut Lupercalia. Tradisi ini ada sebagai bentuk penghormatan pada   festival Romawi kuno.

Pada zaman dulu, tradisi ini melibatkan lotre perjodohan di mana nama-nama wanita muda yang bersedia ditempatkan di dalam toples akan ditarik oleh para bujangan untuk dijadikan pasangan.

2. Minum anggur

Tak sekadar hari kasih sayang, pada 14 Februari,  Bulgaria juga  merayakan Hari St. Trifon Zarezan, atau dikenal sebagai Hari Pembuat Anggur.

Oleh karena itu, pasangan cenderung merayakan cinta mereka satu sama lain dengan segelas atau dua gelas anggur.

3. Menghias rumah dengan mawar

Di wilayah St. Valentin, Prancis, tanggal   12 dan 14 Februari, desa kecil St Valentin di Prancis yang juga dijuluki 'Desa Cinta' akan berubah  menjadi pusat romansa.

Pada hari tersebut, rumah-rumah akan dihiasi mawar, pohon-pohon yang dipenuhi catatan cinta, dan akan banyak lamaran pernikahan.

4. Pesta Cokelat

Sejak 2007, 14 Februari juga telah dikenal sebagai Hari Cokelat Nasional. Penetapan hari tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pariwisata ke salah satu negara penghasil kakao terbesar di dunia ini.

Pada hari Valentine, Ghana menyajikan pesta cokelat dengan beragam menu khusus bertema cokelat, pameran, dan bincang-bincang dapat ditemukan di seluruh negeri.

5. Bertukar kartu kekasih

Perayaan Hari Valentine di Denmark dan Norwegia tak hanya diikuti oleh mereka yang memiliki pasangan saja. Saat valentine, setiap orang akan bertukar "kartu kekasih" dengan, teman, dan keluarga.

Tak melulu kasih sayang, kartu kekasih juga berisi tentang ungkapan perasaan menyentuh hingga hal-hal lucu.

Beberapa orang bahkan mengirim surat lelucon tanpa nama dan tanda tangannya hanya ditulis menggunakan titik yang disebut "gaekkebrev." Gaekkebrev juga disebut sebagai surat tetesan salju yang menampilkan potongan kertas yang rumit yang berisi puisi atau pesan pendek.

Penerima surat gaekkebrev harus menebak identitas pengirimnya dan mereka berutang telur pada Paskah. Jika tebakannya salah, maka mereka harus memberikan telur Paskah kepada pengirimnya.