French Quarter
Dunia

Dari Perjalanan Waktu Hingga Fakta Menarik Louisiana

  • Louisiana dinamakan sesuai dengan Raja Louis XIV ketika tanah tersebut diklaim Prancis pada tahun 1682.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA – Louisiana dinamakan sesuai dengan Raja Louis XIV ketika tanah tersebut diklaim Prancis pada tahun 1682. Louisiana disebut sebagai Negara Pelikan karena burung negara bagiannya. Orang pertama tiba di wilayah yang sekarang disebut Louisiana sekitar 12.000 tahun yang lalu.

Selama sejarahnya, suku-suku asli Amerika seperti Atakapa, Choctaw, Chitimacha, Natchez, dan Tunica hidup di wilayah tersebut. Pada tahun 1541, penjelajah Hernando de Soto mengklaim wilayah tersebut untuk Spanyol. Kemudian, pada tahun 1682, Prancis mengambil alih wilayah tersebut. 

Kepemilikan atas tanah tersebut berpindah-pindah antara kedua negara ini hingga Amerika Serikat membeli wilayah yang kemudian menjadi Louisiana dari Prancis pada tahun 1803 sebagai bagian dari Pembelian Louisiana. Pada tahun 1812, Louisiana menjadi negara bagian ke-18.

Kota New Orleans didirikan pada tahun 1718, dan beberapa tahun kemudian banyak orang Afrika dibawa ke kota tersebut sebagai budak. Gabungan pengaruh Afrika, Perancis, dan Spanyol memberikan Louisiana, khususnya kota New Orleans, budaya yang unik.

Pada tahun 1861, selama Perang Saudara, Louisiana meninggalkan Union. Negara bagian ini bergabung kembali dengan Amerika Serikat pada tahun 1868. Saat ini, suku Chitimacha, Coushatta, Jena Band of Choctaw Indians, dan Tunica-Biloxi masih tinggal di negara bagian ini.

Geografi dan Bentang Alam

Louisiana berbatasan dengan Arkansas di sebelah utara, Mississippi dan Teluk Meksiko di sebelah timur, Teluk Meksiko di sebelah selatan, dan Texas di sebelah barat. Negara bagian ini dapat dibagi menjadi tiga wilayah geografis.

Dataran Pesisir Teluk Timur adalah dataran rendah di sebelah timur Sungai Mississippi. Itu berawa di dekat sungai dan menjadi berbukit di utara. Dataran Aluvial Mississippi membentang ke barat Sungai Mississippi dari Arkansas di utara hingga ke Teluk Meksiko.

Punggung bukit yang diatapi oleh ladang yang disebut frontlands membentang di sepanjang sungai, dan ladang yang disebut backlands (dengan tanah liat dan sedimen yang sangat subur) miring menjauh. Lahan basah menutupi garis pantai selatan.

Paling barat adalah Dataran Pesisir Teluk Barat, yang membentang dari Arkansas ke bagian paling selatan negara bagian itu. Titik tertinggi Louisiana, Gunung Driskill, berada di bagian utara wilayah ini. Ke selatan, daratan menurun menjadi padang rumput, kemudian rawa, dan akhirnya menjadi pulau-pulau berpasir yang berbatasan dengan pantai yang disebut sebagai pantai penghalang.

Fauna dan Flora Liar

Coyotes, berang-berang Amerika, muskrat, dan kelinci rawa adalah beberapa mamalia yang ada di Louisiana. Reptil yang paling terkenal di negara bagian ini mungkin adalah buaya Amerika. Tetapi wilayah ini juga menjadi rumah bagi kura-kura pemakan ikan buaya, ular yang disebut ular pohon Louisiana, dan ular koral harlequin berbisa.

Burung-burung seperti spoonbill merah muda terang, burung bangau malam berkerah kuning, burung air Louisiana, dan burung mandar ungu adalah beberapa dari banyak burung yang ada di Louisiana. Katak selatan, katak rawa-crawfish, dan salamander berlendir Louisiana adalah beberapa dari amfibi-amfibi negara bagian ini.

Pohon-pohon yang paling umum di Louisiana meliputi pohon kemiri, hickory Louisiana, magnolia, oak hijau, dan bald cypress (pohon negara bagian). Tanaman dan bunga yang tumbuh di Louisiana termasuk little brown jug, kacang babi Amerika, dan sensitive partridge pea.

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam utama Louisiana meliputi tanah yang subur, gas alam, dan minyak. Louisiana juga merupakan produsen garam terbesar di Amerika Serikat.

Fakta Menarik

1. Orang-orang terkenal dari Negara Pelikan termasuk aktivis hak sipil Madam C.J. Walker, pembawa acara talk show Ellen DeGeneres, dan banyak penampil jazz dan blues seperti Fats Domino, Louis Armstrong, dan Jelly Roll Morton.

2. Louisiana dikenal dengan masakan Creole uniknya (gabungan dari Spanyol, Perancis, Afrika, dan lainnya), termasuk Jambalaya—campuran nasi pedas, daging, dan makanan laut.

3. Taman Sejarah Nasional dan Pelestarian Jean Lafitte mencakup medan perang Perang 1812 dengan pertunjukan ulang dan makam nasional; suaka alam basah (tempat burung pelikan coklat, burung negara bagian Louisiana, dapat terlihat); dan beberapa pusat budaya yang menceritakan sejarah penduduk, seni, dan musik Louisiana.

4. Reptil harus dijaga setidaknya 200 yard dari rute parade Mardi Gras.