Petugas gabungan mengarahkan kendaraan saat uji coba penerapan sistem ganjil genap di Jalan Raya Puncak, Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat, 3 September 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Insight Langit Biru

Dari Potensi Ekonomi Digital Hingga Perluasan Aturan Ganjil Genap, Inilah 9 Isu Trending Hari Ini 31 Mei 2022

  • Berdasarkan hasil monitoring harian yang dilakukan tim TrenAsia.com, berikut rangkuman 9 isu trending yang tayang di di sejumlah kanal publikasi seperti media cetak, online dan media sosial hari ini.
Insight Langit Biru
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Sejumlah isu mewarnai pemberitaan hari ini, Selasa, 31 Mei 2021. Mulai dari isu ekonomi, umum, hingga selebriti.

Berdasarkan hasil monitoring harian yang dilakukan tim TrenAsia.com, berikut rangkuman 9 isu trending yang tayang di di sejumlah kanal publikasi seperti media cetak, online dan media sosial hari ini.

1. Sri Mulyani Sebut Potensi Ekonomi Digital Indonesia Capai US$146 Miliar

Pemerintah memproyeksikan ekonomi digital Indonesia bakal tumbuh pesat dibanding tahun sebelumnya. Berkaca pada tren pertumbuhan yang terjadi pada tahun sebelumnya, potensi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia bakal tembus ke angka US$146 Miliar pada 2025 mendatang.

Meski begitu, ia menyebutkan bahwa sejumlah tantangan ekoni global seperti uku bunga yang tinggi, inflasi tinggi, likuiditas hingga kebijakan moneter ketat mengharuskan pemerintah harus mengelola ekonomi secara hati-hati.

2. Kejar Target Pusat Halal Dunia, Wapres Dorong Program KNEKS Segera Terealisasi

Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mendorong agar program-program Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah ( KNEKS ) segera terealisasi. Tujuannya menjadikan Indonesia sebagai pusat produsen halal dunia 2024 mendatang.

Berdasarkan laporan, ada 13 program prioritas yang telah disepakati pada rapat pleno tahun lalu maupun program kerja KNEKS lainnya. Dari 13 program prioritas terdapat 8 program yang sudah terealisasi.

Kedepannya realisasi program inidiharapkan akan memberikan efek pengganda (multiplier effect) yang besar terhadap perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air.

Selain itu, cita-cita untuk mewujudkan Indonesia sebagai produsen halal dunia yang meliputi  pembiayaan, sertifikasi, ekspor dan impor, zona kuliner halal, aman dan sehat (KHAS), Pusat Data Ekonomi Syariah serta riset halal dapat dipercepat.

3. Perluas Bisnis Internasional di Korea Selatan, BNI Gandeng KB Kookmin Bank

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI (BBNI) menggandeng KB Kookmin Bank untuk  memperluas bisnis internasional dengan menciptakan peluang-peluang bisnis baru.

Berdasarkan Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani dua belah pihak, kerjasama kerjasama bisnis kedua bank tersebut  meliputi transaksi tresuri, kredit sindikasi, trade finance, pendanaan dalam mata uang lokal dan pertukaran informasi nasabah yang ingin melakukan perdagangan atau berinvestasi di negara asal kedua bank.

Dia menambahkan selain mendapatkan manfaat transaksi bisnis antara kedua bank, melalui kerjasama ini BNI sebagai agen pembangunan dapat memfasilitasi masuknya investasi negara Korea Selatan ke Indonesia yang meningkat pesat beberapa tahun terakhir.

Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan mengatakan selain mendapatkan manfaat transaksi bisnis antara kedua bank,  kerjasama ini  membuka peluang BNI sebagai agen pembangunan dapat memfasilitasi masuknya investasi negara Korea Selatan ke Indonesia yang meningkat pesat beberapa tahun terakhir.

4. Genjot Digitalisasi, BRI Salurkan Rp 1,5 T Sehari ke Usaha Mikro

Percepatan konsolidasi data setelah membentuk Holding Ultra Mikro, Bank BRI memanfaatkan Application Programming Interfaces (APIs) terhadap aplikasi cross-selling SenyuM Mobile yang digunakan oleh 63 ribu tenaga pemasar holding ultra mikro (BRI, Pegadaian dan PNM).

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari menjelaskan aplikasi bersama ini diharapkan dapat mengintegrasikan bisnis yang berkelanjutan. Sehingga pelaku usaha segmen ultra mikro dapat terlayani dengan baik seiring dengan naik kelasnya bisnis mereka.

Supari menilai penggunaan teknologi dalam mendukung percepatan bisnis juga perlu disertai dengan restrukturisasi bisnis proses dan bisnis model. Sebab hal ini dapat menyempurnakan penerapan dari teknologi itu sendiri.

Dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi nasional melalui percepatan proses layanan pinjaman kepada pelaku usaha mikro, BRI juga melakukan business process reengineering dengan aplikasi BRISPOT.

Hingga saat ini, transformasi digital tersebut telah mampu menyalurkan kredit mikro kepada lebih dari 39 ribu pelaku usaha mikro dengan rata-rata nilai kredit sebesar Rp 1,5 triliun per hari.

5. Rogoh Kocek Rp3,19 Triliun, Kasikorn Bank Dari Thailand Kuasai 67,5 Persen Saham Bank Maspion

Bank asal Thailand Kasikorn Bank lewat anak usahanya, Kasikorn Vision Financial Company Pte. Ltd. (KVF) merogoh kocek US$220 juta atau sekitar Rp3,19 triliun (Kurs Rp14.542 per dolar AS) untuk membeli saham PT Bank Maspion Indonesia Tbk (BMAS) lewat skema conditional sale and purchase agreement (CSPA). Transaksi ini ditargetkan selesai sebelum 31 Desember 2022.

President Kasikorn Bank Pipit Aneaknithi menyatakan bersama KVF, perusahaan akan menjadi pemegang saham pengendali usai transaksi ini selesai, dengan menggenggam 67,5% saham Bank Maspion.

Direktur Bank Maspion Indonesia Iis Herijati menyatakan berdasarkan ketentuan CSPA, KVF akan membeli saham yang dijual pemegang saham masing-masing PT Alim Investindo sebesar 8,17%, PT Husin Investasma sebesar 2,81%, PT Maspion Investindo sebesar 2,46% dan 5 pemegang saham individual sebesar 4,11%.

Selain itu, KVF juga akan membeli saham baru yang akan diterbitkan perseroan melalui Penambahan Modal melalu Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHTED). Dengan demikian KVF dan KBank akan memiliki 67,5% kepemilikan saham Bank Maspion.

6. Trending, Materi Stand Up Comedy Bintang Emon Tuai Pujian Warganet

Komika Bintang Emon kembali mencuri perhatian publik setelah tampil di channel YouTube Deddy Corbuzier dalam acara bertajuk Somasi. Acara itu merupakan program khusus dalam channel mantan pesulap tersebut, dengan konsep stand up comedy.

Di sana para bintang tamu yang merupakan stand up comedian dipersilakan mengungkapkan sejumlah keresahaannya mengenai apapun. Dan kali ini giliran Bintang Emon yang tampil dalam Somasi.

Tanpa banyak basa-basi, ia melontarkan sejumlah kritik tajam dalam materinya, mulai dari polisi yang bisa menjadi ketua PSSI, pejabat yang rangkap jabatan hingga dugaan korupsi di balik kelangkaan minyak goreng. 
Semua itu ia nyatakan sebagai keresahan pribadinya dalam melihat kondisi di Indonesia saat ini yang berkaitan dengan kehidupannya sehari-hari.

Tajamnya kritik Bintang Emon, yang disampaikan dengan sejumlah perumpamaan dan metafora, disambut baik oleh para netizen yang menonton acara tersebut.

7. Baru Listing, ASHA Langsung Naik 35 Persen Sentuh ARA

PT Cilacap Samudera Fishing Industry (ASHA) yang merupakan perusahaan perikanan terpadu resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jumat 27 Mei 2022, lalu. Baru saja listing, saham Perseroan sudah menyentuh Auto Reject Atas (ARA) dengan menguat 35% atau 35 point di level Rp135 per lembar saham. 

Sebelumnya, setelah merampungkan masa penawaran umum ( IPO ) beberapa waktu lalu dengan harga penawaran sebesar Rp100 per lembar, PT Cilacap Samudera Fishing Industry (ASHA) mengumumkan terjadi kelebihan permintaan atau oversubscribed dengan total penawaran yakni sebesar Rp1,2 trilliun.

Jumlah ini mengalami oversubscribed 50 kali lipat melebihi jatah pooling yang sudah ditetapkan, yaitu sebesar Rp20 miliar atau terjadi kelebihan penawaran 10 kali lipat dari total nilai emisi yaitu Rp125 miliar.

Kesuksesan ASHA yang secara mulus melakukan pencatatan sahamnya di Bursa Efek Indonesia ini melibatkan 31.361 investor. Sebagian dana pubic offering yang telah diraih akan dimanfaatkan perseroan untuk mengakuisisi perusahaan processing guna memperluas jaringan source dan market, memperkuat bisnis unitnya di sektor perikanan, serta untuk kepentingan operasional perusahaan.

8. Jaksa Tuntut Adam Deni dengan Hukuman 8 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

aksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa Adam Deni dan Ni Made Dwita Anggari dengan hukuman delapan tahun penjara dalam kasus pelanggaran informasi dan transaksi elektronik (ITE).

JPU juga menuntut denda untuk masing-masing terdakwa sebesar Rp1 miliar dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar, maka akan diganti dengan kurungan selama lima bulan.

JPU menyatakan terdakwa Adam Deni dan Ni Made Dwita Anggari terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan perbuatan melawan hukum sebagaimana dalam dakwaan primer.

9. Mulai 12 Juni, Aturan Ganjil Genap Jakarta Diperluas ke 26 Titik

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memperluas aturan ganjil genap (Gage), dari semula di 13 titik menjadi 26 titik ruas jalan yang akan memberlakukan Gage.

Aturan ini akan efektif diterapkan mulai 12 Juni mendatang. Aturan baru ganjil genap ini sudah mulai disosialisasikan Senin, 30 Mei 2022. Jadi, ketika ditemukan pelanggaran selama waktu uji coba ini, pengendara hanya akan menerima teguran dari kepolisian.

Adapun 26 titik yang menerapkan ganjil genap antara lain, Jalan MH Thamrin, jalan Jend Sudirman, Jalan Sisingamaraja, jalan Panglima Polim, Jalan Fatmawati-TB Simatupang, Jalan Tomang Raya, Jalan S Parman, Jalan Gatot Subroto, Jalan MT Haryono, Jalan HR Rasuna Said, Jalan Panjaitan, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gunung Sahari, Jalan Pintu besar selatan, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam wuruk, jalan Majapahit, jalan Medan Merdeka Barat, jalan Suryopranoto, Jalan kyai Caringin, Jalan Balikpapan, Jalan Pramuka, jalan Salemba Raya sisi Barat, jalan Salemba sisi Timur dari Simpang Jalan Paseban Raya sampai Diponegoro, Jalan Kramat Raya, dan jalan Stasiun Senen.