Daftar PLTU Terbesar Dunia
TrenData

Darurat Polusi, Indonesia Masuk 5 Negara dengan PLTU Terbesar di Dunia

  • Salah satu penyabab utama polusi ini yakni pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

TrenData

Muhamad Atalla Haikal

JAKARTA – Polusi udara menghantui Indonesia dalam beberapa waktu belakangan. Jakarta bahkan menjadi kota nomor satu di dunia dengan indeks udara paling buruk. Salah satu penyabab utama polusi ini yakni pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbasis batu bara yang sangat masif di sekitar Jakarta. 

Data dari Global Energy Monitor mengungkapkan bahwa kapasitas PLTU batu bara di seluruh dunia pada 2022 mencapai 2.095 GW. China memimpin dengan 1.108 GW, sementara Indonesia menempati peringkat ke-5 dengan 45,35 GW.

Upaya global untuk mengurangi emisi CO2 dari PLTU batu bara telah ditekankan dalam tujuan Perjanjian Iklim Paris. Namun, implementasi masih tertinggal. Para ahli dari Global Energy Monitor mengungkapkan bahwa pembangkit listrik berbasis batu bara adalah penyumbang utama emisi CO2 dalam sektor energi global.

Laporan "Boom and Bust Coal 2023" mengingatkan bahwa kendati beberapa negara telah mengurangi penggunaan pembangkit listrik batu bara, dunia masih berjalan jauh dari tujuan Perjanjian Paris. 

Untuk melindungi lingkungan dan kesehatan warga Jakarta, diperlukan kerja sama yang kuat antara pemerintah, industri, dan masyarakat demi beralih ke sumber energi bersih dan berkelanjutan.