Arbi Aditama Siap Debut Moto3 MotoGP Mandalika 2023
Olahraga

Debut Moto3 MotoGP Mandalika 2023, Ini Profil Arbi Aditama Cah Purworejo

  • Fadillah Arbi Pratama bakal menjadi salah satu rider Indonesia yang tampil di MotoGP Mandalika 2023.
Olahraga
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Fadillah Arbi Pratama bakal menjadi salah satu rider Indonesia yang tampil di MotoGP Mandalika 2023. Pemuda asal Purworejo, Jawa Tengah itu akan debut di kelas Moto3 bersama Astra Honda Racing Team (AHRC) pada 14-15 Oktober mendatang. 

Pria kelahiran 2005 itu, mendapatkan izin wild card untuk turun di kelas Moto3 MotoGP Mandalika 2023 oleh Dorna Sports sebagai pemegang lisensi ajang MotoGP. Padahal akhir pekan lalu, Arbi Aditama baru saja merampungkan balapan menjalani balapan FIM JuniorGP Moto3 akhir pekan lalu di Sirkuit Aragon, Spanyol. 

Melalui keterangan resmi yang dirilis AHRC pada Selasa, 10 Oktober 2023, Arbi Aditama mengaku akan memberikan kemampuan terbaik saat tampil MotoGP Mandalika 2023. Ia juga mengucapkan terima kasih banyak untuk AHRC yang selalu memberikan dukungan.  

"Saya sangat antusias dengan kesempatan balapan di kejuaraan dunia MotoGP Mandalika 2023. Meskipun ini pengalaman pertama, saya akan berusaha untuk menunjukan potensi terbaik saya, terlebih lagi saya disemangati dan disaksikan langsung oleh masyakarat Indonesia," kata Arbi Aditama dalam keterangannya. 

''Terima kasih kepada Astra Honda atas kesempatan yang diberikan. Semua bekal yang saya punya, termasuk pengalaman balap di JuniorGP, akan saya manfaatkan sebaik-baiknya," lanjutnya. 

Debut ini juga menjadi pembuktian awal Arbi Aditama yang sudah beberapa tahun berkiprah di balap Eropa, FIM JuniorGP Moto3. Ia akan berpartner dengan pembalap jebolan Astra Honda Racing School (AHRS) lainnya Mario Suryo Aji yang sudah dua tahun berada di kelas Moto3.

Profil Arbi Aditama

Sebelumnya, Arbi Aditama telah membuktikan diri sebagai pemenang JuniorGP Moto3 seri Catalunya pada bulan Juli lalu. Pada bulan Agustus lalu, Arbi tampil sebagai pengganti Gerry Salim pada ajang FIM Asia Road Racing Championship (ARRC Mandalika). Sehingga sirkuit yang berada di Lombok, Tengah bukan merupakan hal asing baginya. 

Sementara itu, General Manager Marketing and Planning Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan bahwa sejak menjadi bagian dari AHRS, Arbi Aditama telah menunjukkan potensi yang sangat besar untuk meningkatkan keterampilan balapnya dalam kompetisi internasional.

“Kami yakin berbekal tempaan pembinaan balap yang selama ini dijalani bersama kami, Arbi akan tampil percaya diri, kompetitif, dan pantang menyerah saat bersaing dengan pebalap-pebalap Moto3 yang sudah berpengalaman, salah satunya Mario yang telah menjadi pebalap regular di kejuaraan ini. Mari kita dukung Arbi dan Mario untuk terus berjuang mengharumkan nama bangsa Indonesia,” ujar Andy.

Dikutip dari laman resmi Astra Honda Motor, Arbi pernah berlatih dengan AHRS pada tahun 2017. Ketika itu, ia mengaspal menggunakan motor Honda CBR250RR. Sebelum tampil di JuniorGP, Arbi telah lebih dulu merasakan beraksi di ajang lain.

Salah satu ajang yang pernah diikuti pemuda asal Purworejo itu adalah Asia Talent Cup (ATC). Arbi sebetulnya sudah terdaftar sejak 2020, namun batal tampil karena balapan ditiadakan akibat pandemi Covid-19.

Tahun 2021, ATC kembali digelar dan Arbi akhirnya bisa beraksi. Meski itu adalah penampilan perdananya, Arbi langsung bisa tampil ciamik. Ia pernah menjadi salah satu pembalap tercepat dalam sesi tes dan kualifikasi, meski pernah juga harus merasakan terjatuh.

Pada 2023, Arbi tergabung dengan tim AHRC untuk bersaing di ajang FIM JuniorGP Moto3. Prestai terbaik dirinya, ialah memenangkan podium seri Catalunya pada bulan Juli lalu. Lantas mampukah Arbi tampil di Mandalika nanti? 

Sebagai informasi, debut Arbi di kelas Moto3 nanti menjadi yang keempat dari pembalap binaan AHRS. Sebelumnya, tim ini telah mendebutkan beberapa pembalap yang  bersaing di Moto2 dan Moto3, seperti Andi Gilang, Gerry Salim, dam Mario Suryo Aji.

Jadwal Semua Kelas 

MotoGP Mandalika 2023 akan dihelat pada tanggal 13-15 Oktober 2023. Jadwal balapan dimulai Jumat, 13 Oktober 2023, yakni akan ada dua sesi latihan bebas untuk kelas MotoGP, Moto2, dan Moto3.

Latihan bebas pertama (FP1) MotoGP akan dimulai pada pukul 09.45 WIB atau 10.45 Wita di Sirkuit Mandalika. Sesi practice lanjutan dimulai pukul 14.00 WIB dan akan menentukan posisi otomatis untuk kualifikasi kedua (Q2) MotoGP Mandalika 2023.

Hari kedua, Sabtu, 14 Oktober 2023, akan dilangsungkan sesi latihan bebas (FP2) MotoGP pada pukul 09.10 WIB. Setelah itu akan ada kualifikasi untuk semua kelas yang berlangsung pukul 09.50 WIB hingga pukul 10.30 WIB. 

Siangnya, pada pukul 14.00 WIB akan Sprint Race MotoGP Mandalika 2023 yang terdiri dari 13 lap. Sprint Race adalah balapan tambahan yang baru ada tahun ini, yang merupakan adaptasi dari balapan Formula One (F1) untuk kelas teratas. Tujuan dari sesis ini adalah untuk menambah poin para rider supaya persaingan semakin menarik.  

Hari ketiga, Minggu, 15 Oktober 2023, akan diadakan balapan kelas Moto3 mulai pukul 11.00 WIB, diikuti oleh balapan kelas Moto2 pada pukul 12.15 WIB. Grand Prix MotoGP Mandalika 2023 akan dimulai pada pukul 14.00 WIB, yang berlangsung selama 27 lap.